Tau Gak Sih Inilah 8 Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut

Bau mulut menjadi sesuatu hal yang sangat menjengkelkan, apalagi kita sedang berbicara dengan pasangan, orang terdekat maupun dalam situasi diskusi kerja maupun lainnya, tentunya lawan bicara menjadi merasa tidak tidak nyaman.

Dilansir DW, Masalah bau mulut adalah hal yang sensitif. Tapi bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menghindari makanan dan minuman tertentu.

Bau Mulut Ilustrasi
1. Popcorn

Popcorn adalah pilihan cemilan yang buruk kalau Anda bermasalah dengan bau mulut. Tekstur popcorn bisa dengan mudah menyangkut di antara gigi. Sehingga gigi tidak bersih. Popcorn juga kaya akan asam laktat yang memicu kerusakan gigi. Kerusakan gigi sering menghasilkan bau yang tidak sedap di mulut.

2. Daging

Bagi yang menyukai daging, khususnya daging merah, amonia yang diproduksi oleh sistem pencernaan dapat dikeluarkan kembali melalui hembusan nafas. Beberapa pakar bahkan mengatakan, bahwa mulut seseorang yang rajin makan daging sapi, kambing, babi bisa seperti bau kencing kucing.

3. Tomat

Tomat juga sangat asam, dan produk berbasis tomat juga tinggi tingkat keasamannya. Seperti saus tomat dengan tambahan gula akan membuat Anda mudah terkena bakteri mulut. Tomat memang sumber bagus untuk memperoleh vitamin. Namun, konsumsi tomat berlebihan dapat menghasilkan bakteri berlebih, dan bau mulut.

4. Permen

Bakteri menyukai gula. Makanan dengan jumlah gula yang berlebihan akan menyebabkan bakteri mulut dalam jumlah banyak. Bakteri yang hiperaktif berarti mulut juga lebih bau. Terus-menerus makan makanan dengan banyak mengandung gula akan menghasilkan bau napas tidak sedap.

5. Bawang Bombay

Bawang juga mengandung senyawa sulfur tinggi yang dapat memberi Anda bau mulut selama berhari-hari, mirip dengan bawang putih.

6. Kopi

Kopi diduga memiliki efek diuretik, sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi akan mengurangi air liur di mulut dan akan menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan bakteri. Banyak zat makanan yang menyebabka dehidrasi, dikonsumsi oleh manusia secara teratur. Sehingga pengaruhnya terhadap masalah bau mulut sehari-hari cukup serius.

7. Alkohol

Sama seperti kopi, alkohol juga memiliki efek dehidrasi, dan menciptakan lingkungan yang ideal untuk membiakkan bakteri mulut. Masalahnya, sisa alkohol juga mampu bertahan lebih lama di dalam mulut ketika seseorang mengalami dehidrasi. Hasilnya adalah bau yang lebih intensif pada nafas seseorang, dikombinasikan dengan bau ketidakstabilan yang berbeda.

8. Susu

Susu dapat berkontribusi pada bau mulut karena intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna gula dari produk susu. Enzim atau bakteri yang memecah laktosa tidak berfungsi dengan baik. Enzim-enzim ini akan sering melepaskan sejumlah besar gas selama proses pencernaan, yang saat melewati mulut dapat menyebabkan bau mulut.

(Ref: wowuniknya.net, dw, vlz/yf (dari berbagai sumber))

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.