Waspadalah, Ini 8 Tanda Hati Anda Dalam Kondisi Sakit

Semua orang sangat menginginkan tubuh yang sehat dan bugar, untuk mendapatkan itu semua kita harus rajin mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, namunsebagian orang malah menjauhi kegiatan hidup sehat yang berakibat turunnya kualitas organ tubuh salah satunya ialah hati.

Dilansir DW, Hati adalah organ tubuh penting dengan banyak tugas. Namun, alkohol, lemak dan gula bisa merusaknya. Hati yang mengalami kerusakan parah tidak bisa lagi diperbaiki. Bagaimana kondisi hati Anda?

Ilustrasi
1. Wasir

Jika organ hati terganggu, tekanan darah meningkat. Ini dapat menyebabkan varises di lambung dan kerongkongan serta wasir. Vena sangat melebar untuk menurunkan tekanan sebanyak mungkin dari vena porta (aliran utama ke hati). Sehingga stres meningkat dan terjadi kerusakan permanen. Akibatnya, bisa terjadi pendarahan yang berdampak fatal.

2. Perut kembung

Pada stadium lanjutan sirosis hati ada lebih banyak air yang dapat terakumulasi di dalam rongga perut. Ini menyebabkan perut kembung dan tampak buncit.

3. Gatal

Hati membentuk cairan empedu untuk memecah lemak. Aliran cairan yang tersumbat bisa menyebabkan rasa gatal. Terlalu banyak asam empedu di dalam darah dapat menyebabkan endapan di kulit yang memicu rasa gatal.

4. Kelelahan

Salah satu tugas hati adalah mengubah glukosa menjadi glikogen, yang kemudian berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Jika hati terlalu banyak bekerja dan tidak dapat menghasilkan glikogen lagi, maka energi yang diperlukan tidak ada. Pastikan untuk setidaknya tidur delapan jam per hari agar hati dapat beregenerasi.

5. Sakit di bagian atas perut

Organ hati sendiri tidak mengenal rasa sakit. Tetapi rasa sakit bisa terasa pada organ terdekat lainnya. Jika Anda misalnya merasakan tekanan atau rasa sakit berdenyut tepat di atas hati, berarti hati Anda mengalami gangguan.

6. Berat badan naik

Jika berat badan naik drastis, Anda mungkin sudah makan terlalu banyak dan terlalu berlemak - untuk hati ini merupakan stres besar. Karena hati tidak bisa lagi menyaring semua racun dan menyimpannya di dalam sel lemak.

7. Mata kuning

Salah satu pertanda hati yang tidak sehat adalah mata kuning atau kulit kuning. Penyakit kuning terjadi jika hati tidak bisa lagi mengeluarkan kandung empedu bilirubin dari sel darah merah yang mati.

8. Gangguan hormon

Pada perempuan, penyakit hati kadang juga bisa dikenali lewat perubahan saat menstruasi. Seperti waktu datang bulan yang bergeser atau tidak ada sama sekali. Sirosis hati kadang juga menyebabkan impotensi pada pria - perubahan hormonal dipicu oleh organ hati yang tidak sehat.

Ref: wowuniknya.net, dw, vlz/yf (bild.de))

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.