8 Kebun Botanik Paling Cantik di Dunia, 1 Ada di Asia Tenggara

Baca juga:

Umumnya kebun botani dapat dikunjungi umum. Pemilik kebun botani dapat suatu lembaga tertentu, negara, maupun perorangan. Namun, tidak semua kebun botani dibuka untuk umum, contohnya Chelsea Physic Garden.

Kebun botani (atau taman botani) adalah suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ (di luar habitat). Selain untuk penelitian, kebun botani dapat berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung. Arboretum adalah semacam kebun botani yang mengkoleksi pepohonan.

Ini tempat di mana tanaman-tanaman cantik di dunia dipertunjukkan kepada pengunjung. Di sini juga ada tanaman langka dan terancam. Ayo jalan-jalan ke sana!

1. Taman Botanik Kerajaan, Kew

Taman Botanik Kerajaan, Kew
Kew Gardens berada di London barat daya. Di sinilah rumah hijau terbesar dunia bergaya bangunan dari jaman Victoria. Nama bangunannya: Temperate House. Salah satu tanaman langka yang dipamerkan adalah Encephalartos woodii dari Afrika Selatan. Hanya satu spesies ini ditemukan tumbuh liar, dan sudah lama punah di alam terbuka.

2. Kirstenbosch National Botanical Garden

Kirstenbosch National Botanical Garden
Taman Botanik Cape Town (Afrika Selatan) berada di lereng timur gunung bernama Table Mountain. Taman didirikan 1913, dan jadi taman botanik pertama di dunia yang menjaga dan memamerkan tanaman yang asli dari kawasannya.

3. Arctic-Alpine Botanic Garden Tromsø

Arctic-Alpine Botanic Garden Tromsø
Di Lingkaran Arktik, di taman botanik yang terletak paling utara di bumi, terdapat ribuan tanaman dari kawasan kutub dan pegunungan tinggi. Mereka berbunga di musim panas. Misalnya bunga popi biru dari pegunungan Himalaya. Taman kecil di Tromsø adalah milik Universitas Norway's Arctic.

4. Taman Botanik Rio de Janeiro

Taman Botanik Rio de Janeiro
UNESCO menyatakan taman botanik yang didirikan 1808 sebagai kawasan reservasi biosfer. Taman raksasa ini jadi rumah bagi sekitar 6.500 spesies tanaman. Banyak dari mereka terancam punah.

5. Botanic Garden Singapura

Botanic Garden Singapura
Taman botanik tropis di Singapura adalah salah satu taman paling populer Asia. Taman ini paling terkenal dengan koleksi anggreknya. Di sini pengunjung juga bisa berjalan melalui hutan tropis. Sejak 2015 taman ini jadi kawasan warisan dunia UNESCO.

6. Montreal Botanical Garden

Montreal Botanical Garden
10 rumah hijau dan sekitar 30 taman bertema spesial bisa ditemukan di taman botanik Montreal. Misalnya taman Cina (foto), adalah taman terbesar semacam ini, yang berada di luar Cina. Taman ini diinspirasikan oleh taman-taman milik pribadi dari jaman dinasti Ming.

7. Sir Seewoosagur Ramgoolam Botanical Garden

Sir Seewoosagur Ramgoolam Botanical Garden
Taman botanik di Mauritius ini terkenal dengan tanaman lotus serta teratai raksasanya. Taman ini berada di dekat desa Pamplemousses, dan awalnya dirancang untuk taman budi daya tanaman rempah-rempah.

8. Berlin Botanic Gardens

Berlin Botanic Gardens
Taman ini luasnya 43 hectar, dan jadi yang paling besar di Eropa. Taman ini milik Universitas Freie Universität Berlin. Rumah kaca dan taman di sekitarnya adalah rumah dari 20.000 spesies tanaman dari seluruh dunia, termasuk berbagai jenis palem, pohon anggur dan bambu raksasa.

Kebun botani di Indonesia tidak banyak. Kebun botani milik negara di Indonesia memakai nama "Kebun Raya" karena ukurannya yang luas. Di bawah LIPI/negara terdapat empat kebun botani, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi (di utara Malang), dan Kebun Raya Eka Karya Bali di Bedugul, Bali. Puspiptek Serpong juga memiliki Kebun Botani Puspiptek Serpong. Taman Buah Mekarsari adalah kebun botani yang mengkhususkan diri bagi tanaman buah-buahan. Di Tawangmangu juga terdapat taman koleksi tanaman obat-obatan milik Balittro.

(Ref: wowuniknya.net, Deutsche Welle, Lina Elter , berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.