Ingin Puasa Kamu Lancar? Sebaiknya Hindari 4 Jenis Makanan Ini Ketika Saur!

Baca juga:

Selama berpuasa dari pagi hingga petang, Muslim dilarang untuk makan, minum cairan apapun, merokok, dan berhubungan seksual. Selain itu, mereka diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa, seperti berkata yang jelek (seperti menghina, memfitnah, mengutuk, berbohong) dan berkelahi.

Ketika sahur, biasanya kamu terkadang makan makanan yang semaunya kamu. Jika makanan yang kamu inginkan tidak menjadi penghalang ketika kamu menjalankan puasa. Yuk langsung saja 4 jenis makanan yang perlu kamu tahu agar kamu menjalankan puasamu dengan lancar tanpa ada halangan.

Makanan Yang Harus di Hindari
1. Makanan berminyak dan berlemak serta tinggi garam

Makanan berminyak dengan tinggi lemak adalah makanan yang harus dihindari pada saat sahur. Umumnya makanan tersebut terdapat pada makanan bersantan, daging berlemak, gorengan, jeroan, dan makanan cepat saji, yang dapat menyebabkan kesehatan memburuk jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan dengan lemak dan minyak berlebih dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, makanan dengan asupan garam yang berlebih pada saat sahur dapat meningkatkan kehausan pada saat puasa.

Sebaliknya, gabungkan makanan dari berbagai kelompok makanan utama, seperti buah dan sayuran, nasi dan makanan pengantinya, daging atau makanan pengantinya, pada saat puasa.

Mengonsumsi makanan kaya serat dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah juga ideal pada saat sahur. Hal ini akan membuat pencernaan mencerna lebih lama daripada makanan olahan sehingga akan membuat merasa kenyang lebih lama.

2. Makanan pedas

Sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan pedas. Makanan yang berbahan dasar cabai dan bumbu serta rempah-rempah ini cukup menggiurkan, apalagi ketika saat disantap pada saat sahur.

Bagi penikmat makanan pedas, sudah saatnya untuk menghindari makanan jenis ini selama berpuasa, khususnya pada saat sahur, sebab makanan pedas dapat menyebabkan mulas-mulas akibat gesekan pada lapisan permukaan lambung yang menjadi lebih rapuh serta mengalami luka.

3. Makanan yang terlalu manis

Makanan seperti permen, kue kering, soda, atau minuman dengan pemanis buatan harus dihindari pada saat sahur, sebab minuman yang tinggi gula akan meningkatkan asam dalam tubuh.

Untuk itu, pada saat sahur sangat disarankan memakan makanan buah-buahan segar, karena di dalamnya terdapat kandungan gula alami yang dibutuhkan bagi tubuh. Buah-buahan kaya air seperti semangka, pepaya, atau melon dapat memenuhi kandungan.

Usahakan untuk memakan variasi buah yang berbeda setiap harinya. Selain itu, buah-buahan juga mengandung serat yang dibutuhkan serta menjaga kamu tetap kenyang selama berpuasa.

4. Minuman yang mengandung kafein

Selain makanan, minuman kopi dan teh harus dihindari pada saat sahur. Hal ini karena minuman yang mengandung kafein bersifat diuretik sehingga merangsang tubuh kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil.

Ada baiknya selama berpuasa buatlah daftar menu makanan sehari-hari agar dapat mengontrol asupan gizi tetap terjaga, sehingga puasa yang dijalani juga akan lebih afdhal. 

(Ref: wowuniknya.net, rappler.com, berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.