21 May 2018

author photo
Menghemat kadang sering terucap dan tersimpan dalam benak semua orang, sayangnya tak mudah diterapkan. Banyak orang berkeinginan hidup hemat dengan menekan pengeluaran bulanan, tetapi godaan selalu datang menghampiri sehingga tak jarang keluar biaya untuk sesuatu tak penting.

Ketika bulan ramadhan, terkadang orang mengalami banyakperubahan rutinitas, termasuk kebiasaan makan dan juga jajan.Terkadang seringkali pengeluaran menjadi lebih banyak dan lebih besar selama bulan ramadhan. Walaupun sebenarnya kebutuhan makan berkurang, tapi selalu saja ada banyak kebutuhan yang malah menguras dompet kamu. Yuk terapkan tips ini agar bisa mengontrol keuangan kamu di bulan ramadhan.

Menghemat uang
1. Jangan mudah tergoda 

Bukan hanya saat gajian saja orang mudah tergoda beli banyak barang dan makan sembarangan. Bahkan saat puasa, karena keadaan lapar, orang jadi mudah tergoda beli banyak hal, terutama makanan. Entah itu takjil, menu buka puasa, sahur dan lain sebagainya, terutama ketika makan di luar, jelas harganya lebih mahal dibanding masak sendiri.

2. Siapkan budget tertentu

Jika tak ingin beli makanan berlebihan selama bulan Ramadan, tentukan budget bulanan. Misalnya saja 500 ribu untuk sebulan. Planning hemat ini akan memaksamu untuk tetap berpegang teguh pada budget yang sudah kamu tentukan apa pun yang terjadi. Entah itu makan di luar atau masak sendiri, kamu bisa atur sendiri.

3. Gunakan uang cash

Biasanya akan banyak pasar Ramadan selama bulan puasa, dan jika teman mengajak ngabuburit ke berbagai tempat ini, pastikan kamu punya uang cah tertentu. Jangan belanja melebihi uang yang ada di dompet.

4. Aplikasi pengatur keuangan

Jika masih tak bisa mengatur keuangan, kamu bisa meminta bantuan pada aplikasi yang mengatur keuanganmu. Kamu bisa mengunduhnya dan mengatur berapa pemasukan, pengeluaran kebutuhan dan lain sebagainya.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...