27 May 2018

author photo
Alis mata pada sebagian besar mamalia berupa bagian yang sedikit menonjol sedikit di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi sebagai pelindung mata yang peka dari tetesan keringat yang jatuh dari bagian dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan.

Tahukah kamu? masalah kerontokan itu terjadi tidak hanya rambut di kepala kamu ya, alis kita juga bisa loh. Ketika kamu sudah mulai manyadari adanya gejala kerontokan alis, baiknya kamu segera mencari tahu penyebabnya ya. Yuk langsung saja simak ya!

Alis
Over-plucking

Plucking merupakan salah satu cara yang umum dilakukan wanita untuk merapikan bentuk alisnya. Cara ini banyak dipilih karena lebih presisi dan dapat membuat rambut alis tumbuh kembali dalam waktu yang lebih lama. Namun, perlu diketahui juga bahwa cara ini dapat membuat alis semakin menipis. Pencabutan rambut alis pada area yang sama secara berulang, dapat menyebabkan folikel rusak, melemah, dan berujung dengan terhentinya pertumbuhan rambut.

Penggunaan Kosmetik

Kamu yang gemar merias alis, coba lebih berhati-hati saat memilih dan menggunakan produk alis, ya! Ternyata, gesekan antara pensil alis yang terjadi secara berulang dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama dapat merugikan alis. Lama-kelamaan, rambut alis dapat menjadi rapuh dan mudah mengalami kerontokan. Hal ini juga dapat terjadi akibat penghapusan makeup yang terlalu kasar atau penggunaan peel-off eyebrow tattoo yang membuat rambut alis ikut tercabut.

Pertambahan Usia

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang umum dialami seseorang yang mulai mengalami penuaan akibat kondisi rambut yang menjadi semakin kering dan mudah rontok. Ternyata, masalah kerontokan ini tak hanya terjadi pada rambut kepala, tetapi juga pada rambut alis. Untuk mencegahnya, pastikan kamu selalu menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

Masalah dengan Kelenjar Tiroid

Kelainan pada kelenjar tiroid, baik itu hypothyroidism ataupun hyperthyroidism dapat menyebabkan rambut rontok. Tak hanya rambut kepala saja, rambut alis pun dapat menjadi rontok. Untuk mengeceknya, kamu dapat meletakan pensil secara vertikal, dengan ujung satu mengarah ke atas pada outer corner mata kanan, dan ujung satunya mengarah ke lantai. Lalu, perhatikan apakah masih ada rambut alis di sisi kanan pensil di luar sudut mata kamu? Jika tidak ada (bukan karena dicabuti atau di-wax, ya!), mungkin kamu bisa mengecek gejala masalah kelenjar tiroid lainnya dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Stres

Selain berpengaruh pada kesehatan mental, stres juga dapat berpengaruh pada kesehatan rambut alis kita. Perubahan hormon yang terjadi saat seseorang mengalami stres dapat memengaruhi pertumbuhan rambut alis dan berujung dengan telogen effluvium, sebuah kondisi di mana rambut mengalami kerontokan dalam jumlah yang tidak wajar. Tak hanya itu, stres juga dapat menyebabkan folikel rambut menerima sinyal yang salah.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...