Ini Dia Pola Makan Yang Tepat Untuk Kamu Yang Menderita Maag Saat Berpuasa

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Pasti banyak diantara kamu yang mempunyai penyakit maag sangat khawatir ketika berpuasa. Mungkin kamu takut batal di pertengahan puasa karena asam lambung yang naik.

Menurut dr Julia Dewi, Mgizi, SpGK, spesialis gizi klinik Dari RSUD Cianjur, Penderita maag Masih boleh Ikut berpuasa dengan Kondisi Tertentu. "Penderita maag dengan anatomi kelainan, misalnya ada luka di saluran, dengan hebat dan BAB dapatkan darah, tidak dapat ditingkatkan lagi," ujar Julia.

Berpuasa
Bagi Penderita maag Yang Ingin puasa menjalani, Julia menekankan untuk review Sangat memperhatikan Pola Makan Dan Pemilihan makanan sehingga tidak memicu munculnya Gangguan lambung. 

Lalu seperti apa Pola Makan Yang dianjurkan Bagi Penderita maag agar can Tetap Lancar berpuasa? Julia menjabarkan sebagai berikut. 
  • Hindari makanan dengan bumbu-bumbu yang merangsang, terlalu asam dan terlalu pedas. Juga batasi makanan yang digoreng, misalnya hanya satu macam saja sekali makan.
  • Menghindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti ubi, sawi, brokoli, kol, nangka, pisang, dan minuman bersoda.
  • Menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan cokelat, yang akan memicu peningkatan asam lambung dan terjadinya diuresis atau sering buang air kecil.
  • Tidak langsung tidur setelah makan, tapi berikan jeda waktu lebih-kurang satu jam, sehingga asam lambung tidak berbalik ke tenggorokan.
  • Makanlah dengan porsi bertahap, tidak langsung banyak.
  • Bentuk makanan dipilih disesuaikan dengan kondisi penderita, misalnya makanan lunak untuk pasien ketika terjadi gangguan lambung.
  • Hindari stres, karena stres akan menantang keluar asam lambung.
Nah itu dia, selamat mencoba ya.

(Ref: wowuniknya.net, cantik.tempo.co, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.