17 May 2018

author photo
Puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. 

Berbuka puasa
Setelah seharian melakukan puasa, biasanya ketika berbuka banyak orang yang akan kalap dalam menyantap semua makanan. Dan pada akhirnya pun rasa kekenyangan yang sangat mengganggu. Tarawih pun juga tak sanggup untuk kamu laksanankan.

Makan berlebihan saat buka puasa selain membuat kekenyangan dan mengantuk juga bisa membuat berat badan naik. Yuk coba tips mengontrol diri saat berbuka puasa dan tidak sampai kekenyangan. Apa saja sih? Yuk langsung saja simak!

  • Saat adzan magrib berkumandang, jangan langsung makan makanan yang berat. Awali buka puasamu dengan kurma atau air putih dulu. Hindari juga minum yang terlalu manis, karena bisa jadi rasa lapar yang kamu rasakan ini karena dehidrasi. Lebih baik dahulukan air putih.
  • Setelah itu kamu bisa melakukan salat dulu dan melanjutkan dengan makan berat. Nah, jangan langsung makan daging atau nasi. Kamu bisa makan sayur atau buah terlebih dahulu.
  • Saat makan kunyah dengan perlahan. Jangan makan terlalu cepat atau terburu-buru.
  • Makan bersama keluarga juga bisa jadi cara untuk mengontrol diri dalam memilih makanan apa yang bakal kamu santap.

Saat waktu berbuka puasa tiba, jangan makan seolah-olah sudah tak ada lagi hari esok. Mengontrol diri dan hawa nafsu bisa menjadi kunci agar tidak terlalu rakus saat berbuka puasa.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...