Inilah 8 Tips Agar Kamu Mudah Mengingat Sesuatu Dengan Cepat

Baca juga:

Menghafal adalah proses mengulang sesuatu, baik dengan membaca atau mendengar. Pekerjaan apapun jika sering diulang, pasti menjadi hafal, manusia memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengingat sesuatu yang telah diulang-ulang.

Tahukah kamu? Ingatan manusia bisa berupa dua jenis, yaitu ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang. Maka tak heran jika kamu butuh waktu lama untuk mengingat-ingat itu.

Agar tidak mudah lupa, alangkah baiknya lakukan tips ini ya. Yuk langsung saja simak!

1. Melatih Fokus

Melatih Fokus
Salah satu kunci untuk menguatkan ingatan adalah melatuh fokus. Kurang-kurang melakukan hal-hal yang bisa mengalihkan fokus kamu. Media sosial biasanya menjadi pengalih fokus yang paling kuat. Pelbagai studi pun sudah membuktikan bahwa media sosial memang bisa menurunkan kemampuan fokus kita.

Agar bisa menggunakan kekuatan fokus kita saat diperlukan, yang dalam konteks ini adalah saat kita diharuskan untuk menghafalkan sesuatu.

Cobalah untuk membuat pengalaman yang kondusif saat kita berlatih menghafal. Jauhkan dari hal yang bisa mendistraksi, dan untuk lebih sering meminum teh hijau. Menurut penelitian, teh hijau ternyata memiliki khasiat untuk mempertajam ingatan. Maka dari itu, apa yang disebut sebagai jenis produk yang dapat membantu Anda untuk terkena Alzheimer.

2. Merekam suara

 Merekam Suara
Jika kamu diharuskan mengingat apa-apa yang dilakukan oleh seseorang, usahakan sebisa mungkin untuk merekamnya dalam bentuk suara. Jika kamu harus menghafal teks, kamu bisa menyuarakan apa yang sedang kamu baca dan rekamlah perkataanmu sendiri. Setelah itu, di kala senggang kamu bisa mendengarkan kembali suara yang sudah kamu ambil.

3. Catat apa saja yang harus Anda ingat

Mencatat
Sebenarnya, buatlah contekan sebelum ujian secara mandiri dan tidak langsung. Saat Anda menulis teks dengan tulisan Anda sendiri, sebenarnya Anda sedang melakukan hafalan secara efektif. Bahkan, Anda tidak bisa lagi menggunakan kata-kata yang sudah Anda buat karena Anda bisa mengingat apa-apa saja yang sudah kamu tulis.

Langkah ini bisa kamu lakukan setelah membuat aliran suara. Dengarkanlah rekaman sambil menulis apa yang kamu dengarkan.

4. Menata teks yang sudah jadi agar terlihat lebih menarik dan mudah untuk dipahami

Menata
Setelah kamu selesai menyalin, kamu bisa menata tulisan dengan melingkari bagian yang penting menggunakan stabillo untuk memperjelas bagian mana yang harus kamu hafalkan. Anda juga dapat menambahkan catatan dari Anda sendiri untuk membuat teks Anda sendiri.

Perlu diingat bahwa manusia lebih mudah mengingat apa-apa yang tersaji dalam bentuk visual. Jadi, buatlah catatan Anda dengan bantuan visual agar Anda bisa lebih mudah dalam menghafal.

5. Sering membaca ulang apa saja yang sudah kamu catat

Baca Ulang
Kamu bisa membaca ulang catatan yang sudah kamu buat selama berkali-kali agar konsep dalam buku kamu bisa dicetak dalam-dalam di pikiran kamu. Jika Anda sudah merasa bisa menghafalnya di luar kepala, lakukanlah masukan dengan lantang tanpa harus menengok untuk teks.

6. Tulis ulang apa-apa saja yang sudah tersimpan di ingatan kamu

Tulis yang diingat
Setelah kamu merasa sudah mengingatnya tanpa harus menengok teks, lakukanlah apa yang ada di dalam benak dengan bahasa kamu sendiri. Sampai kadar ini, kamu mungkin sudah mengingat. Namun, perlu dicamkan bahwa kita dapat melakukan apa saja yang Anda ingat yang hanya disimpan di ingatan jangka pendek. Untuk yang lebih tinggi ingatan tersebut, diperlukan untuk menambah jumlah hafalan Anda.

7. Jelaskan materi yang sudah kamu ingat untuk orang lain

Jelaskan keteman
Kamu bisa meminta bantuan agar materi yang kamu serap itu sudah bisa kamu pahami dengan baik. Cobalah jelaskan untuk teman-teman kamu tentang apa saja yang baru untuk tahu mempertegas ingatan kamu. Berdiskusi pun nyatanya bisa semakin meningkatkan ingatan kamu terhadap hal ini. Jadi, belajar tanpa diskusi itu tidak efektif untuk menanamkan pemahaman ke dalam ingatan.

8. Perlu istirahat sejenak

Istirahat sejenak
Saat otak kamu sedang panas karena sedang menghafal sesuatu, istirahat akan sangat dibutuhkan. Saat kamu istirahat, kamu tidak perlu mengingat-ingat lagi materi yang kamu pelajari. Buatlah pikiran Anda rileks untuk sementara. Jika sudah merasa semangat lagi untuk menghafal, barulah beralih lagi latihan menghafalnya.

(Ref: wowuniknya.net, yukepo.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.