Sembelit? Yuk Makan Buah Ini Agar Lancar Kembali

Loading...
Sembelit adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, namun ada juga yang setiap dua hari. 

Dengan mengkonsumsi buah pasti jadi andalan kamu ya dalam mengtasi sembelit. Walaupun hampir semua buah memiliki kandungan serat yang diperlukan untuk mengatasi sembelit, tapi ada juga lho beberapa jenis buah yang sangat ampuh dalam mengatasi sembelit. Yuk langsung saja simak!

Salad buah
1. Buah apel dan pir

Buah apel dan pir merupakan jenis buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dalam satu butir apel ukuran sedang terdapat lebih dari 4 gram kandungan serat.

Selain mudah diperoleh, buah apel menjadi pilihan tepat mengatasi susah buang air besar karena memiliki kandungan serat jenis pektin yang telah terbukti ampuh mengatasi sembelit. Agar manfaatnya maksimal, usahakan konsumsi buah apel dengan kulitnya, ya.

2. Buah beri

Buah beri adalah golongan buah seperti stroberi atau blueberry. Buah dengan ukuran yang kecil ini ternyata tidak bisa diremehkan khasiatnya. Bukan hanya kandungan antioksidannya yang tinggi, namun juga konsumsi 6-10 buah stroberi ukuran sedang dapat memberikan asupan serat yang cukup yaitu 3 gram serat.

Selain karena kandungan seratnya, buah ini bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mengatasi susah buang air besar karena ukurannya yang kecil memungkinkan kita untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

3. Buah kiwi

Buah kiwi merupakan buah yang bergizi lengkap, memiliki kandungan serat dan cairan yang cukup tinggi. Dalam satu buah kiwi ukuran sedang terdapat hampir 3 gram serat. Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi kiwi secara rutin memberikan manfaat yaitu lancarnya buang air besar utamanya pada orang dewasa.

(Ref: wowuniknya.net, doktersehat.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.