03 June 2018

author photo
Sembelit adalah adalah kondisi di mana seseorang buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, namun ada juga yang setiap dua hari. 

Tentunya kamu tidak nyaman bukan jika mengalami sembelit? Karena perut kamu akan terasa begah dan tidak nyaman. Bahkan disertai rasaa mulas. Jika kamu mengalami masalah ini sebaiknya mengatasi dengan cepat. Yuk langsung saja simak!

1. Mengonsumsi air putih lebih banyak

Konsumsi air putih
Sembelit bisa jadi tanda bahwa tubuh kamu sedang kekurangan cairan. Mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari seperti yang dianjurkan bisa jadi solusi pertama mengatasi sembelit. Minumlah air putih lebih sering, semakin banyak kamu minum maka semakin mudah mengeluarkannya. Minuman lain yang bisa kamu coba untuk menambah cairan adalah teh dan jus buah. Hindari minum minuman bersoda atau yang mengandung alkohol, ya!

2. Konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur
Kurang serat menyebabkan BAB jadi keras dan sulit keluar. Makanlah buah dan sayur setiap hari  seperti buah beri, apel, anggur, pir, pepaya, brokoli, kembang kol, buncis, kacang-kacangan. Mengkonsumsi makanan berserat dapat mempermudah pergerakan usus dan lebih mudah dicerna. Jadi jangan malas mengkonsumsi buah dan sayur, karena selain bisa mengatasi sembelit, tubuh kamu pun akan lebih sehat.

3. Kunyit

Kunyit
Kunyit sejak dulu sudah dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi kaum wanita untuk kecantikan dan mengatasi berbagai permasalahan pencernaan. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit mampu menjaga dan melindungi dinding usus, sehingga dapat mendorong sisa makanan dan keluar dari usus. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya mampu meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat konstipasi.

4. Kopi

Kopi
Minum kopi dapat membantu menyeimbangkan bakteri usus. Kopi juga kaya akan serat sehingga dapat memicu pergerakan otot usus saat mengkonsumsi makanan. Kafein pada kopi ternyata menimbulkan dampak positif bagi kesehatan dan juga menimbulkan efek stimulan seperti dapat meningkatkan energi, suasana hati, menambah fungsi otak, membangun kecerdasan dan melancarkan BAB.

5. Atur jadwal BAB

Atur jadwal
Cobalah mengatur jadwal untuk BAB, setiap bangun pagi misalnya. Dengan demikian, tubuh kita akan lebih terbiasa dengan alarm panggilan alam ini. Jadi, bukan hanya sekolah dan kerja saja yang punya jadwal teratur ya, pergi ke toilet juga harus teratur.

6. Kurangi konsumsi susu

Kurangi susu
Konsumsi susu atau produk olahan susu juga bisa menjadi penyebab timbulnya sembelit. Usahakan sementara waktu kamu membatasi makanan yang mengandung susu seperti keju sampai sembelitmu hilang.

7. Minum yogurt

Minum Yogurt
Tingkatkan jumlah bakteri baik pada usus dengan mengkonsumsi yogurt. Bakteri usus diperlukan untuk produksi asam lemak dan asam laktat yang berfungsi untuk memudahkan pergerakan usus. Yogurt memiliki kultur aktif dan hidup yang berarti mengandung probiotik. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Buah nanas

Buah nanas
Caranya cukup dengan mengupas buah nanas, bersihkan, lalu parut dan diperas untuk diambil airnya. Minumlah dua kali sehari sampai sembelitmu hilang. Buah nanas ini mengandung banyak serat alami dan vitamin yang baik untuk pencernaan.

9. Olahraga

Olah Raga
Olahraga seringkali menjadi kunci agar tubuh kamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Menjadi aktif dan tidak terlalu banyak duduk bisa melancarkan pergerakan usus yang mungkin selama ini terhambat. Mulailah dari olahraga ringan seperti berjalan kaki 30 menit setiap hari.

10. Hindari makanan cepat saji

Hindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji dapat menimbulkan sembelit yang kronis, hal ini disebabkan makanan ini kaya lemak, rendah serat dan tidak mengandung banyak nutrisi. Sebaiknya kamu menghindari konsumsi makanan jenis ini seperti pasta, sosis, daging olahan, keripik kentang, burger dan kentang goreng dan lain-lain.

Jika tak ingin terkena sembelit kamu bisa kok mencegahnya dengan cara-cara mudah berikut ini:
  1. Jangan terlambat atau melewatkan makan
  2. Berolahraga secara teratur juga bisa mencegah sembelit
  3. Jangan lupa untuk menambahkan asupan serat harian
  4. Ubah pola makan jangan terlalu banyak menngonsumsi daging olahan seperti sosis atau nugget
  5. Sebisa mungkin usahakan terhindar dari stress berlebih

Demikian tadi cara mengatasi sembelit secara alami yang bisa kamu coba baik bagi kamu yang sedang mengalami atau tidak. Karena mencegah datangnya penyakit lebih baik daripada mengobati. Jika sembelit masih terus berlanjut, ada baiknya kamu segera mengkonsultasikan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab jika dibiarkan maka akan menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya, seperti buang air besar berdarah, wasir bahkan sampai kanker usus.

(Ref: wowuniknya.net, shopback.co.id, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...