19 July 2018

author photo
Masalah utama seseorang adalah bau mulut, Bagaimana tidak? Bau mulut sangat mengganggu dan membuat malu diri sendiri dan menurunkan kepercayaan diri. Ada beberapa makanan penyebab bau mulut seperti bawang putih, jengkol dan petai.

Dilansir dari Health.com, Gigi Meinecke, DMD, dokter gigi Academy of General Dentistry mengungkapkan bahwa bau mulut biasanya disebabkan oleh tiga hal, asam lambung, cairan hasil pernapasan dari hidung yang meluncur ke dalam kerongkongan, dan substansi yang disebut volatile sulfur coumpound (VSC) di rongga mulut yang dihasilkan oleh bakteri dari sisa makanan.

Ada banyak makanan dan minuman yang bisa dinikmati. Jika selama ini banyak orang hanya tahu bahwa makanan saja yang bisa menyebabkan bau mulut, dan ternyata minuman juga bisa menyebabkan bau mulut lho. Yuk langsung saja simak!

Minuman
1. Kopi

Mungkin ini adalah minuman favorit banyak orang, tapi sayangnya kopi bisa menimbulkan bau mulut karena kandungan sulfurnya yang memicu bau di dalam rongga mulut. Kafein pada kopi juga bisa menyebabkan mulut kering sehingga memperparah potensi bau mulut.

2. Akohol

Penelitian terbaru tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Microbiome, menganalisis sampel ludah lebih dari seribu orang sehat usia antara 55 hingga 84 tahun. Peneliti menemukan bahwa konsentrasi bakteri penyebab bau ternyata diperoleh dari bakteri dari minuman beralkohol.

3. Minuman berkarbonasi

Kandungan gula dan asam di dalam minuman berkarbonasi bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut sehingga menimbulkan bau asam yang tak sedap.

Nah, kira-kira ada ada minuman yang jadi favorit kamu nggak? Para ahli menyarankan untuk segera minum air putih setelah minum minuman tersebut untuk mencegah bau mulut. Karena air bersifat netral sehingga bisa berfungsi 'membilas' rongga mulut dari bakteri penyebab bau dan sisa makanan.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...