Kembang Kol Bisa Menjadi Pengganti Nasi? Yuk Simak!

Loading...
Kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool. Kata blumbol juga dikenal secara lazim

Biasanya wanita menjalankan diet untuk mendapatkan badan yang ideal. Salah satunya dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi serat. Salah satu karbohidrat terbanyak dan paling sering dihindari yaitu nasi putih. 

Kembang Kol
Itulah mengapa kemudian banyak orang akan mencari makanan pengganti nasi namun masih bisa mengonsumsi karbohidrat sehat. Umumnya makanan pengganti nasi putih adalah nasi merah atau gandum, namun sebenarnya ada alternatif lain makanan pengganti nasi yang juga tidak kalah sehat.

Makanan pengganti nasi ini adalah kembang kol. Seperti diungkapkan di sela-sela diskusi Nutribound 2018 bersama Nutrifood, Jawa Barat. Head of Health Committee Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC, mengatakan bahwa satu sumber karbohidrat baru yang saat ini sedang banyak digemari penduduk Amerika adalah kembang kol.

Kembang kol bisa dihancurkan namun tidak sampai benar-benar halus, kemudian dijadikan makanan pengganti nasi karena tidak membuat gemuk. Kembang kol jelas lebih sehat daripada nasi putih jika dilihat dari jumlah kalorinya.

Aldin mengungkapkan, jika nasi putih memiliki kalori sebesar 204 kkal dan 89 persennya karbohidrat, maka semangkuk nasi kembang kol, kalorinya hanya 25 kkal dan 71 persennya karbohidrat, ditambah kandungan seratnya yang tinggi.

Jadi, tidak heran jika kemudian banyak orang yang melakukan diet sehat mengganti karbohidrat sehat dan beralih dari nasi putih ke kembang kol.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.