27 July 2018

author photo
Sering sekali masyarakat mengabaikan kesehatan hati. Mungkin saja penyakit hati jarang dibahas dan dibandingkan penyakit pada umumnya, sehingga masyarakat berfikir bahwa penyakit tersebut tidak begitu berbahaya bagi tubuhnya. Jika kamu termasuk yang berpikiran sama seperti ini, hilangkan pikiran tersebut dari sekarang.

Meskipun dalam keadaan sehat hati bisa memperbaiki diri dengan cepat, namun ketika sudah sakit, maka efeknya akan sangat buruk pada tubuh. Sirosis hati atau pengerasan hati adalah kerusakan hati kronis yang biasanya diderita dalam jangka panjang.

Penyakit Hati

Umumnya, penderita sirosis memulai penyakit dengan hepatitis kronik. Ketika tidak dilakukan penanganan untuk penyakit hapatitis kronik, maka akan berkembang menjadi sirosis, di mana kondisi hati sudah rusak parah. Jika sudah seperti ini, jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah pencangkokan hati atau transplantasi hati.

Jika sirosis hati dibiarkan tanpa penanganan atau perawatan intensif, penyakit ini bisa berkembang menjadi kanker hati.

Seperti dikatakan Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Irsan Hasan dalam acara 'Peranan Uji Diagnostik dalam Memerangi Hepatitis', "Lama-lama sirosis hati bisa berkembang menjadi kanker hati. Kalau sudah kanker, tidak bisa disembuhkan sama sekali. Dan sebanyak 95 persen penderita kanker hati meninggal."

Jadi, jangan pernah mengabaikan sirosis. Kesehatan harus dijaga ladies, terutama jika mengalami penyakit sirosis hati. Jangan sampai menyesal ketika tidak ditangani dengan tepat.

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)

Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...