26 July 2018

author photo
Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton.

Majunya teknologi di era sekarang telah memberikan peningkatan di berbagai aspek, tidak terkecuali sepakbola. Dengan berkembangnya teknologi, sepakbola juga mengalami berbagai kemajuan dan kecanggihan. Salah satu kemajuan yang sangat terasa dalam kemajuan teknologi di sepakbola adalah stadion. Saat ini, banyak stadion di dunia yang terkenal akan kecanggihannya. Yuk langsung saja simak!

Doha Port Stadium (Qatar)

Doha Port Stadium, Qatar
Dengan menjadi peyelenggara Piala Dunia 2022, Qatar terus mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk melancarkan event akbar empat tahunan tersebut. Satu di antaranya membangun stadion tercanggih. Doha Port Stadium merupakan satu dari stadion berteknologi terbaik yang pernah dibuat Qatar. Mengapa demikian?

Stadion ini diklaim mampu mengatur suhu Qatar yang panas menjadi sejuk. Jadi, siapapun yang hendak menonton piala dunia di sana, bisa dipastikan tak akan kegerahan dengan kondisi cuaca Qatar yang panas.

Allianz Arena (Jerman)

Allianz Arena, Jerman
Markas milik Bayern Munchen ini bisa bertansformasi menjadi tiga warna, tergantung siapa pemakai stadion tersebut. Putih untuk timnas Jerman, Merah untuk Munchen dan Biru untuk TSV 1860 Munchen. Selain itu, Allianz Arena juga dilengkapi konstruksi yang unik jika kita melihatnya dari atas.

Veltins Arena (Jerman)

Veltins Arena, Jerman
Stadion kebanggaan Schalke 04 ini bisa menyesuaikan di segala kondisi. Saat kondisi hujan, atap stadion bisa ditutup. Saat ada konser musik maupun kegiatan lainnya, rumput stadion ini bisa dilipat ke dalam. Selain kondisional, Veltins Arena juga dilengkapi teknologi super canggih untuk menghalau perusuh masuk ke dalam stadion.

Avaya Stadium (Amerika Serikat)

Avaya Stadium, AS
Selain terkenal akan kemewahan stadion football dan baseballnya, Amerika Serikat juga memiliki stadion super canggih dalam diri Avaya Stadium. Markas San Jose Earthqukes ini dilengkapi dengan teknologi Cloud Computing, yang mana teknologi ini bisa memprediksi pergerakan awan. Selain itu, stadion ini juga mampu mengintegrasikan beragam data, server, sistem tiket, reservasi, kunjungan, penyiaran dan lainnya.

Stamford Bridge (Inggris)

Stamford Bridge, Inggris
42 ribu penonton selalu memadati stadion ini kala sang pemilik, Chelsea FC bermain. Tak berhenti sampai di situ. Stadion ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium seperti hotel, bar dan cafe yang tersebar hampir di seluruh penjuru stadion. Stamford Bridge juga dilengkapi lampu LED berteknologi tinggi yang belum pernah ditemukan di stadion manapun.

Juventus Arena (Italia)

Juventus Arena, Italia
Jika banyak stadion menggunakan listrik untuk menerangi stadion, maka lain halnya dengan Juventus Arena. Stadion kebanggaan Juventus ini menggunakan panel surya untuk menerangi seisi stadion. Tidak heran jika stadion ini menuai banyak pujian karena ramah terhadap lingkungan.

Santiago Bernabeu (Spanyol)

Santiago Bernabeu, Spanyol
Real Madrid tak hanya dikenal sebagai tim termewah di dunia karena banyak disesaki pemain bintang di dalamnya. Mereka juga memiliki kemewahan dalam diri Santiago Bernabeu, yang notabene merupakan markas mereka. Stadion ini menyajikan berbagai teknologi termutahir seperti atap yang bisa digeser untuk meminimalisir turunnya air hujan dan sinar matahari secara langsung.

Selain itu, Bernabeu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium seperti club store, mall, hotel dan lain sebagainya

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)
Buka Komentar
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...