5 Filosofi Kopi Ini Bisa Kamu Jadikan Acuan Hidupmu Lho!

Baca juga:

Filosofi adalah kerangka berpikir kritis untuk mencari solusi atas segala permasalahan. Solusi yang ditemukan untuk mengatasi suatu persoalan melalui berpikir secara kritis merupakan buah dari pemikiran filosofis. 

Mungkin sebagian dari kamu suka kopi bukan? Kopi merupakan sesuatuhal yang sangat istimewa, secangkir kopi bisa memberikan banyak arti. Misalnya menjadi teman mu bergadang dalam menjalani tugas atau hanya untuk teman bersantai. Kopi bukan hanya sekedar minuman saja, ada banyak hal yang bisa kamu ambil dari secangkir kopi. Mulai dari pemilihan biji kopi itu sendiri, pembuatan sampai rasa, banyak pelajaran penting yang bisa kamu dapatkan. Yuk langsung saja simak!

Kopi
1. Pilih biji kopi terbaik untuk mendapatkan secangkir kopi yang enak. Jika ingin hasil yang terbaik, kamu harus kerahkan kemampuanmu dengan maksimal pula.

Untuk membuat segelas kopi yang nikmat, dibutuhkan biji kopi terbaik. Bukan yang bentuknya jelek atau sudah rusak. Biji kopi yang baik akan menghasilkan bubuk kopi yang berkualitas, sehingga rasa dan aromanya begitu sedap saat diminum.

Hal ini berlaku juga dengan tekad untuk meraih mimpi. Jika kamu menginginkan hasil terbaik, maka kamu harus mengerahkan semua kemampuan dengan maksimal, bukan niat yang setengah-setengah.

Pakai semua tenaga yang kamu punya jika ingin semua mimpi dan cita-citamu tercapai.

2. Biji kopi harus dijemur dan digiling untuk diminum dengan nikmat. Sama halnya dengan hidup, kamu harus "digiling" begitu berat agar mental jadi kuat.

Secangkir kopi yang enak tak tercipta begitu saja. Butuh proses yang panjang supaya kopi tersebut dapat dinikmati semua orang. Awalnya biji kopi harus dijemur terlebih dahulu, setelahnya digiling jadi bubuk dan diseduh dengan air panas, setelah itu baru diseruput dengan nilkmat.

Jika saat ini jalanmu kian berat dan membuat letih, bersabarlah. Semua itu adalah proses untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Kamu harus jatuh, lalu bangkit dan jatuh lagi. Memang terasa sakit dan membuat sesak, tapi secara tak sadar, mentalmu sudah ditempa untuk jadi kuat.

3. Pahit-manis pada kopi ibarat getir dan indahnya hidup. Jika disyukuri, perpaduan rasa keduanya malah terasa nikmat.

Kopi butuh rasa pahit agar rasanya tambah enak. Jika terlalu manis, intisari kopi malah berkurang. Paduan rasa manis dan pahit pada kopi akan membuat kopi semakin nikmat untuk disesap. Sama dengan hidup, ada hal pahit yang terasa begitu getir dan manis yang membuat hidupmu jadi lebih berwarna dan indah.

Jika dipadukan, kedua rasa tersebut adalah kombinasi terbaik untuk membuat hidupmu semakin bermakna. Butuh sedikit rasa pahit agar kamu tahu kalau hidup ini tak selalu indah, namun dibalik rasa pahit terserbut, terselip hal baik yang terasa begitu manis.

4. Menikmati segelas kopi tak boleh terburu-buru, hirup aromanya dan teguk perlahan. Begitu juga dengan hidup, nikmati saja setiap proses dengan benar.

Untuk merasakan kopi dengan benar, kamu tak boleh meminumnya dengan terburu-buru. Pertama, hirup aromanya yang begitu wangi, lalu teguk sedikit demi sedikit. Dengan begitu, kamu bisa menikmati kopi tersebut mulai dari sisi pahit lalu kemudian manisnya.

Begitu juga dengan jalan hidupmu, cukup nikmati saja setiap prosesnya. Walau berat atau terkadang ringan, jalani saja dengan benar. Proses yang kamu jalani lebih penting daripada sekedar hasil akhir, sebab itu nikmati setiap hal yang kamu rasakan sekarang.

5. Butuh langkah panjang untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat. Walau hidup ini berat, semua itu adalah proses agar lebih hebat.

Setelah dipilih dari ribuan biji kopi, dijemur kemudian digiling dan diseduh air panas, teciptalah secangkir kopi dengan wangi yang harum dan rasa yang enak. Setiap orang yang meminumnya begitu menyukai dan jatuh cinta pada kenikmatan tersebut.

Secangkir kopi yang nikmat itu ibarat hidup yang sedang kamu jalani saat ini. Mungkin kamu belum sampai tahap dimana rasa nikmat tersebut belum dikecap, tapi masih dalam proses dijemur dan digiling agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Tak perlu takut untuk gagal asal kamu semangat dan kerja keras pada akhirnya akan tiba waktumu untuk merasakan nikmat, layaknya secangkir kopi yang harum dan nikmat.

(Ref: wowuniknya.net, brilio.net, berbagai sumber)
Loading...

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.