7 Hal Ini Membuktikan Bahwa Tingkat Kedawasaanmu Tinggi

Loading...
Kedewasaan dan sikap yang dewasa adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap individu. Sikap mental adalah bagian dari banyak masalah dalam pergaulan atau kehidupan sosial. Kedewasaan adalah sebuah kondisi diri dan sikap yang bisa mengatasi banyak masalah dan menjadikannya selaras dengan sekitarnya.

Bahkan kedewasaan bisa mencegah timbulnya masalah dalam pergaulan dan kehidupan sosial. Bisa dikatakan, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik Jika masing-masing individu dapat bertingkah lebih baik dalam segala hal.

Jika umur adalah kenyataan maka mejadi dewasa adalah sebuah pilihan. Banyak hal yang bisa di lihat dari seseorang untuk menyatakan dia dewasa atau tidak. Mulai dari penampilan, bicara, cara mengambil keputusan, dan juga isi pikiran. Jika hal tersebut sudah ada di benakmu, mungkin kamu lebih dewasa dari yang kamu tahu. Yuk langsung saja simak!

Kedewasaan
1. Meski main sama teman itu seru, diam-diam kamu khawatir dengan apa yang bisa ditulis di Curriculum Vitae-mu kelak

Masa muda adalah masanya seru-seruan dengan teman-teman. Kamu senang setiap kali diajak hangout teman-teman. Jalan-jalan ke mall setiap sore, nyobain kafe baru, ataupun nonton-nonton pertunjukan musik. Meski begitu, kadang kamu cemas juga. Kamu merasa harus melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat ketimbang main-main saja. Di sini, kamu pun mulai mencoba ikut-ikut komunitas, jadi relawan, dan ikut banyak organisasi. Lumayan ‘kan untuk mengisi CV-mu?

2. Uangnya memang ada, tapi setiap kali ingin beli sesuatu, kamu selalu menyempatkan diri berpikir untuk kali kedua

Soal uang kamu memang tak pernah kesulitan. Setidaknya kamu masih bisa minta kepada orangtua atau saudara yang lebih tua. Kalau cuma beli sepatu atau baju lucu, bisa saja lah. Tapi setiap kali ingin beli sesuatu, kamu selalu berpikir dua kali. Beneran nggak sih kamu butuh barang itu? Atau jangan-jangan kamu cuma impulsif kepingin aja karena semua orang punya. Familer dengan perasaan ini?

3. Seringnya kamu enggan saat teman ngajak jalan di akhir pekan. Menghabiskan waktu bareng keluarga terasa lebih nyaman

Di akhir pekan, saat tidak ada kegiatan sekolah atau kampus, banyak ajakan untuk jalan-jalan yang datang. Mulai dari teman sampai gebetan. Tapi kamu sering merasa malas menyambutnya. Bukannya apa-apa, kamu merasa, akhir pekan adalah waktu untuk keluarga. Di hari-hari biasa, orangtua kerja dan kakak atau adikmu juga punya kegiatan sendiri-sendiri. Jadi menurutmu, weekend seharusnya dihabiskan bersama mereka ‘kan?

4. Banyak hal soal masa depan yang mulai kamu khawatirkan. Karena kamu sadar ada masanya nanti kamu harus berusaha sendirian

Sementara teman-temanmu hanya memusingkan soal caption foto IG, kamu malah mikirin hal-hal yang jauh di depan. Kamu takut jika orangtuamu menua dan kamu belum bisa membuat mereka bangga. Kamu bahkan khawatir soal keuanganmu di masa depan. Apa bisa kamu mencukupi kebutuhanmu sendiri? Apa bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan? Dan bisakah kamu menjadi seseorang yang patut dibanggakan?

Tapi tak apa. Salah satu tanda kedewasaan adalah kemampuan untuk melihat jauh ke depan. Bukan menerawang masa depan lho ya, tapi memikirkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan dan berusaha menyiapkannya dari sekarang. 

5. Mencari pacar tak pernah jadi prioritasmu. Dalam pikiranmu, ini memang belum jadi saatmu untuk menjalin hubungan dulu

Yah, kadang kamu membayangkan juga sih enaknya punya pacar. Ada yang antar jemput, diajak jalan, dan tentunya foto buat update IG. Apalagi sebagian besar temanmu juga punya pacar. Tapi lagi-lagi kamu berpikir dua kali. Karena kamu tahu untuk saat ini, terlalu cepat untuk memikirkan hubungan yang serius. Masih banyak hal yang harus kamu lakukan, dan cari pacar untuk sekadar coba-coba selalu membuat kamu enggan.

6. Benakmu bagai sebuah buku catatan. Kamu sudah punya gambaran apa-apa yang ingin kamu kerjakan di tahun-tahun mendatang

Di usia muda, kebanyakan orang menganut prinsip “let it flow“. Soal masa depan dipikir nanti saja lah, dan kebanyakan belum tahu kalau ditanya mau jadi apa di masa depan. Tapi kamu berbeda. Dalam tumpukan wish list-mu, kamu sudah merancang hidupmu sedemikian rupa. Mulai dari kuliah, kerja, hingga pritilan-pritilan tentang hidup di masa depan. Kamu tahu kok bahwa itu semua belum tentu tercapai. Tapi tak ada salahnya kan merencanakan dari sekarang?

7. Terkadang kamu merasa nggak nyambung dengan teman-teman untuk segala urusan. Tak apa, pola pikir kalian memang berbeda

Saat temanmu bisa update IG sehari lima kali, kamu butuh waktu berjam-jam untuk menemukan foto dan caption yang tepat untuk diunggah. Saat teman-temanmu sibuk membicarakan soal cowok ganteng, kamu malah sibuk mikirin catatan keuangan. Kadang kamu heran dengan sikap teman-temanmu, dan sering nggak nyambung dengan obrolan mereka. Ini membuatmu bertanya-tanya: yang aneh itu kamu atau mereka sih sebenarnya?

(Ref: wowuniknya.net, hipwee.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.