Memasuki Musim Pancaroba, Ini 6 Tips Untuk Menjaga Kesehatanmu!

Loading...
Cuaca yang sering berubah-ubah dan tidak menentu, terkadang disiang hari panas terik dan dimalam hari tiba-tiba hujan. Itu pertanda kita memasuki musim pancaroba. 

Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau. Masa pancaroba biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras disertai guruh, serta angin yang bertiup kencang. Pada masa pancaroba biasanya frekuensi orang yang menderita penyakit saluran pernapasan atas, seperti pilek atau batuk, relatif meningkat. Masa ini juga banyak ditandai dengan perilaku khas beberapa hewan dan tumbuhan.

Maka dari itu jangan heran jika mereka yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah akan gampang sekali terkena berbagai macam penyakit.

Untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit yang datang menyerang saat musim pancaroba, saatnya lindungi kesehatan tubuh dengan beberapa hal ini. Yuk langsung saja simak!

Musim Pancaroba
1. Penuhi Nutrisi Tubuh

Jika nutrisi tubuh terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk. Sudah lama tidak menerapkan menu gizi seimbang? Saatnya terapkan kembali!

2. Rutin Berolahraga

Meski cuaca sering berubah-ubah bukan berarti kamu meninggalkan kebiasaan berolahraga ya. Ajak sahabat, keluarga atau buah hati untuk rutin berolahraga, meskipun hanya 30 menit. Yang penting, kamu dan orang-orang tercinta cukup bergerak setiap harinya sehingga tubuh tidak mudah letih. 

Namun, mengajak buah hati berolahraga bukan berarti memaksanya dengan olahraga-olahraga berat dan melelahkan ya. Kamu bisa mengajaknya berjalan di pagi ataupun sore hari selama 20-45 menit saja sudah cukup.

3. Konsumsi Vitamin/Suplemen Daya Tahan Tubuh

Olahraga memang dapat membantu menyehatkan tubuh, tapi kamu tetap membutuhkan vitamin/suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini, pilih suplemen yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Nah, bagi kamu yang memiliki buah hati, suplemen juga menjadi salah satu yang harus diperhatikan lho. Sebelum memberikan suplemen pada anak, pastikan dulu kamu sudah melakukan konsultasi dengan dokter.

4. Cukupi Air Putih

Jangan pernah melupakan pentingnya mengonsumi air putih yang cukup, terutama saat cuaca tidak menentu seperti saat ini ya. Karena selain mengatasi rasa dahaga dalam tubuh, ternyata salah satu manfaat lainnya adalah mampu meniungkatkan metabolisme tubuh, serta membantu mencegah tubuh terkena infeksi. Jadi, ajak keluarga dan orang-orang tercintamu untuk mengonsumsi air putih hingga 2,5-3 liter/harinya. 

5. Bawa Selalu Baju Hangat 

Meski di siang hari terkadang cuaca terasa terik dan hangat, namun tiba-tiba bisa saja terjadi hujan yang lebat. Belum lagi suhu malam hari yang akhir-akhir ini terasa lebih dingin dan berangin. Maka ingatkan selalu keluarga, anak, dan orang tercintamu lainnya untuk selalu membawa baju hangat seperti jaket ataupun mantel.

6. Biasakan Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan hal yang simpel namun paling sering diabaikan. Padahal kamu sadar tidak, kalau tangan menjadi salah satu media penyebaran bakteri dan virus penyakit menular? Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini virus dan bakteri tersebar di mana-mana. Untuk itu biasakan diri Anda mencuci tangan entah itu sebelum dan setelah makan, sehabis melakukan aktifitas, hingga sehabis dari toilet. 

Jangan lupa untuk ingatkan juga orang-orang terdekat kamu mengenai kebiasaan mencuci tangan, terutama untuk anak-anak. Ajak buah hati untuk belajar melindungi diri dari penyakit dengan rajin mencuci tangan sebelum maupun sesudah ia melakukan aktivitas.

(Ref: wowuniknya.net, herworld.co.id, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.