Selain Susu, Makanan Ini Juga Mengandung Kalsium Loh!

Kalsium adalah mineral yang amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi manusia: Mengaktifkan saraf. Melancarkan peredaran darah.

Susu mempunyai kalsium yang sangat tinggi. Beberapa diantara kamu pasti hanya mengetahui susu lah satu-satunya sumber kalsium yang baik buat kita. Tapi selain susu ada banyak makanan lain juga loh yang kaya akan kalsium. Melansir dari laman prevention.com, makanan seperti ikan, sayuran dan buah ada yang tinggi kalsium dan bisa menjadi pengganti susu. 

Selain tinggi kalsium, makanan-makanan tersebut juga kaya akan vitamin dan juga nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kamu. Yuk langsung saja simak!

Makanan Mengandung Kalsium
Ikan Sarden

Ikan sarden baik ikan sarden segar atau pun yang telah dipanggang mengandung kalsium tinggi. Dari 3 ekor ikan, kita bisa mendapat kalsium sebanyak 325 mg. 

Brokoli

Sayur brokoli juga mengandung kalsium tinggi. Dalam 50 gram brokoli mengandung 30 mg kalsium. Brokoli sendiri bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti brokoli goreng, bening brokoli, brokoli rebus atau tumis brokoli. 

Bayam

Sayuran selanjutnya yang juga kaya akan kalsium adalah bayam. Tak hanya kaya kalsium, bayam juga kaya akan zat besi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Dalam 150 gram bayam mengandung 100 mg kalsium. 

Pol Choy

Sayur pok choy juga kaya akan kalsium. Sayur ini tak hanya enak tetapi juga kata akan nutrisi dan vitamin. 

Tahu dan Tempe

Makanan selanjutnya yang kaya akan kalsium adalah tahu dan tempe. Makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini mengandung kalsium yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Ini juga kaya protein yang bisa menunjang tumbuh kembang tubuh dengan lebih baik. 

Kacang Almond

Untuk mendapatkan 35 mg kalsium, setidaknya kamu perlu makan kacang almond sebanyak 15 gram. 

Itulah beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga kaya akan kalsium adalah susu kedelai, ikan salmon, biji-bijian, keju dan yogurt serta masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa mengonsumsi makanan di atas demi mencukupi kebutuhan kalsium tubuh. 

(Ref: wowuniknya.net, vemale.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.