10 Fungsi Tidak Terduga Dari Smartphone Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Dilansir BrigthSide, Terhitung setiap orang rata-rata menggunakan smartphone selama kurang lebih sekitar 4 jam dalam sehari. Tetapi sebagai manusia mempunyai kebiasaan yang sama dan berulang, ketika menggunakan smartphone sangat sering menggunakan fungsi yang sama dan bahkan tidak menjelajahi peluang yang paling menarik, berguna, dan tak terduga di ponsel. Sementara itu, pengembang smartphone dan aplikasi yang berbeda telah menerapkan ide-ide paling menakjubkan yang sangat memudahkan dan terinspirasi dari khayalan ilmiah.

Berikut beberapa trik keren yang disembunyikan smartphone kalian dan itu dapat berguna dalam berbagai situasi di kehidupan sehari-hari. Di akhir artikel, ada bonus yang akan memberi tahu Anda cara memperpanjang masa hidup telepon Anda.

1. Project augmented reality map ke kaca depan mobil Anda.

© hudwayapp
Jika Anda berkendara dalam gelap, dalam kabut, di tengah hujan, atau hanya di lokasi yang tidak dikenal, pasang Hudway di ponsel Anda, setel titik tujuan, dan letakkan ponsel Anda di dasbor. Ponsel cerdas Anda akan memproyeksikan peta dengan dukungan GPS langsung ke kaca depan tanpa memerlukan peralatan tambahan apa pun.

2. Ponsel Anda dapat membaca kode bar.

© privet.me  
Anda dapat menscan kode bar serta kode QR pada smartphone anda. Semua toko besar memiliki pembaca barcode yang dapat memproses informasi yang tertera di dalam sebuah produk, dan smartphone bisa melakukannya. Berikut adalah 2 alasan utama mengapa itu keren:
  1. Anda dapat memindai barcode pada sebagian besar paket yang merupakan bagian dari sistem USPS, UPS, dan FedEx dan secara otomatis mentransfer informasi ini ke gadget Anda. 
  2. Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang produk di aplikasi seperti RedLaser yang dapat memeriksa apakah ada harga yang lebih wajar tersedia di toko lain.

3. Ponsel Anda dapat bekerja sebagai teleskop.

© pixabay  
Ini adalah trik kecil yang sederhana namun bermanfaat banyak tanpa kita tidak sadari. Letakkan lensa telepon langsung ke teleskop, dan Anda akan dapat menangkap gambar yang diperbesar dari sisi lain. Trik ini bekerja dengan teropong juga.

4. Kamera ponsel Anda dapat membaca detak jantung  di bawah kulit Anda.

© Azumio  
Pengembang aplikasi seperti Instant Heart Rate (tersedia untuk iOS, Android, dan Windows) mengklaim bahwa mereka dapat mengukur detak jantung Anda melalui kamera ponsel cerdas Anda. Letakkan jari Anda di depan kamera dan aplikasi akan memantau perubahan kecil dalam warna kulit Anda yang terjadi karena denyutan darah. Setelah beberapa waktu aplikasi ini akan dapat mengukur detak jantung Anda dan memberikan hasilnya. The Cardiio aplikasi (tersedia untuk iOS) dapat mengukur detak jantung Anda dengan mengikuti perubahan warna wajah Anda.

5. Anda dapat memindai dan mendigitalkan negatif lama dengan bantuan ponsel cerdas Anda.

© thephoblographer 
Ini bukan cara terbaik untuk memindai dan mendigitalkan negatif tetapi jika Anda sangat perlu melihat melalui negatif lama Anda mungkin aplikasi ini pilihannya, efek negatif dari kamera Anda dapat membantu. Anda juga dapat mencoba menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia seperti HELMUT Film Scanner (tersedia untuk Android).

6. Kamera ponsel mengenali font, objek, dan bahkan restoran.

© myfonts 
Aplikasi seperti Amazon's Flow (tersedia untuk iOS dan Android ) dapat mengenali objek, tempat, dan bahkan teks. Sementara fungsi baru Google Lens , yang merupakan bagian dari Asisten Google (tersedia untuk Android dan iOS), dapat mengenali setiap restoran berdasarkan foto dan menawarkan informasi tentang peringkat dan ulasan dari pengunjung. Aplikasi WhatTheFont dapat memberi tahu Anda font mana yang Anda cari dengan hanya memindai gambarnya.

7. Ponsel cerdas dapat mengambil foto saat merekam video.

© pixabay  
Anda mungkin berada dalam situasi di mana Anda ingin mengambil bidikan tetapi tanpa sengaja memilih mode video. Untungnya, iPhone memungkinkan kinerja dari 2 tindakan ini secara bersamaan dan tidak perlu takut saat ini Android pun bisa melakukannya. Yang perlu Anda lakukan untuk itu adalah menekan tombol rana yang muncul di sebelah tombol perekaman video. Foto yang dibuat oleh sensor kamera video tidak akan sekuat foto yang biasa diambil menggunakan fitur foto, setidaknya ada di sana jika Anda membutuhkannya.

8. Gunakan kamera ponsel Anda sebagai penggaris.

© VisTech.Projects  
Aplikasi Ruler sangat cocok untuk mengukur ukuran objek apa pun dalam foto atau mengukur objek kecil menggunakan penggaris konvensional di layar. Ini sangat berguna untuk arsitek dan tukang bangunan ketika perlu mengukur ruangan atau perabot.

9. Ponsel pintar Anda dapat digunakan sebagai kamera fiksi ilmiah.

© SEEK THERMAL 
Seek Thermal menciptakan teknologi yang diciptakan untuk militer dan spesialis lain dan membuatnya tersedia untuk semua orang. Kamera kecil ini yang dapat disandingkan ke telepon Anda memungkinkan Anda untuk mengambil gambar panas/thermal dari segala sesuatu di sekitar Anda dan menunjukkan foto instan lingkungan Anda.

10. Ubah ponsel cerdas Anda menjadi mikroskop.

© tipsdantriksterbaru.blogspot 
Anda dapat dengan mudah menggunakan ponsel Anda sebagai mikroskop digital portabel jika Anda memasang lensa kecil, yang dapat ditemukan pada penunjuk laser apa pun, ke kamera ponsel Anda. Trik luar biasa ini akan membantu Anda menjelajahi dunia mikro dan mengambil foto yang luar biasa.

Bonus: Perpanjang umur ponsel Anda.

© Omar Badawi / Twitter  
Sayangnya, port pengisian ponsel Anda cenderung mengumpulkan debu, serpihan, dan partikel lain yang dapat menurunkan masa pakainya dan menyebabkannya cepat mati. Kabar baiknya adalah bahwa ada jalan keluar - ambil suntikan penuh udara, masukkan jarumnya ke dalam port pengisian, dan masukkan udara. Prosedur ini akan membantu meniupkan debu yang tidak perlu dari port dan memperpanjang umur perangkat Anda.

Nah bagaimana, kalian smeua bisa mempraktekannya yak.

(Ref: wowuniknya.net, brightside, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.