9 Fobia Yang Terkait Perihal Asmara!

Loading...
Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Mungkin kamu pernah mengalamami masa-masa sulit ketika kamu memulai hubungan percintaan kamu, sehingga kamu mengalami fobia dalam hal percintaan kamu. Tapi sebenarnya banyak jenis-jenis fobia yang terkait percintaan loh. Yuk langsung saja simak!

1. Anuptaphobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Anuptaphobia

Anuptaphobia merupakan rasa takut yang berlebihan jika menjadi lajang. Bahkan pada tahap yang ekstrem, pengidap fobia ini dapat saja memilih sembarang orang untuk dijadikan kekasih untuk mengatasi kesendiriannya.

2. Chiraptophobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Chiraptophobia

Pengidap Chiraptophobia sangat takut untuk bersentuhan secara fisik. Bahkan pada tahap yang lebih parah, mereka tidak sanggup menonton sebuah film yang memiliki banyak adegan kontak fisik.

3. Philemaphobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Philemaphobia

Pengidap Philemaphobia ini sangat takut jika ada orang yang menciumnya ataupun mencium pasangannya. Mereka bahkan dapat berteriak jika harus dipaksa melakukan ciuman saking takutnya.

4. Zelophobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Zelophobia

Zelophobia adalah ketakutan berlebihan terhadap (hadirnya) perasaan cemburu. Pengidap fobia ini meyakini bahwa cemburu merupakan sifat yang mengikat secara berlebihan.

5. Gamophobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Gamophobia

Gamophobia merupakan suatu bentuk rasa takut ekstrem terhadap pernikahan atau hubungan serius jangka panjang. Pengidap fobia ini dapat saja tidak akan menikah seumur hidup lantaran ketakutannya yang teramat sangat tersebut.

6. Philophobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Philophobia

Philophobia adalah ketakutan berlebihan untuk jatuh cinta ataupun untuk dicintai. Salah satu penyebabnya seperti pernah mengalami kisah cinta yang sangat buruk sehingga menjadi sebuah trauma yang berkepanjangan.

7. Arrhenphobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Arrhenphobia

Arrhenphobia atau juga biasa dikenal sebagai Androphobia merupakan ketakutan yang luar biasa terhadap pria. Misalnya, pengidap fobia ini takut sekali jika berdekatan dengan pria atau ditemani oleh pria.

8. Metrophobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi Metrophobia

Mereka yang mengidap Metrophobia akan merasa ketakutan sekali dengan kata-kata puitis atau puisi. Walaupun bagi kebanyakan orang (yang bukan pengidap fobia ini) menganggap barisan kata-kata tersebut begitu romantis, akan tetapi pengidap fobia yang satu ini ternyata malah membencinya.

9. L-Word Phobia

9-fobia-yang-terkait-perihal-percintaan
Ilustrasi L-Word Phobia

Berkebalikan dengan Anuptaphobia, pengidap L-Word Phobia justru sangat takut untuk membina hubungan dengan lawan jenis dan memilih untuk bertahan dengan kelajangannya. Faktor trauma yang sangat menyakitkan dari kisah cinta masa lalu umumnya menjadi penyebab mengapa seseorang dapat mengidap fobia jenis ini.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com/life, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.