Bahagia Itu Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Buktinya!

Kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Mempunyai kehidupan yang bahagia merupakan keinginan setiap orang. Bukan hanya sekedar diukur seseorang tersebut mempunyai uang dan mempunyai karir yang sukses,tapi sebenarnya kebahagian itu  justru dari berbagai hal sepele di sekitar kita. Apa saja? yuk langsung saja simak!

1. Sempatkan diri untuk bersyukur

Bahagia Itu Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Buktinya!
Bersyukur

Kebiasaan pertama yang bisa membuat kamu bahagia adalah dengan bersyukur. Tidak usah menunggu hal luar biasa terjadi untuk bisa bersyukur namun mulailah dari hal-hal sederhana yang terjadi sepanjang hari.

Misalnya menu makan siang yang enak, atau pertemuan tidak sengaja dengan seorang teman lama. Sepele sih namun justru hal-hal kecil seperti inilah yang akan membuat kamu sadar betapa beruntungnya kamu hari ini.

2. Berterima kasih pada orang lain

Bahagia Itu Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Buktinya!
Berterima Kasih

Mengucapkan banyak terima kasih pada orang lain tidak akan pernah membuat kamu rugi. Sebaliknya berterima kasih pada seseorang bukan hanya membuat orang itu merasa dihargai namun juga membuat kita bahagia.

Kamu bisa membiasakan diri dengan mengucapkan terima kasih pada orang yang menolong kamu. Jika tidak ada, kamu bisa berterima kasih pada siapa pun yang ada dihidupmu. Karena sadar atau tidak, tanpa mereka kamu bukanlah siapa-siapa.

3. Bicara dengan seseorang yang sudah lama tidak kamu temui

Bahagia Itu Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Buktinya!
Bertemu Kangen

Salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan stres yang kamu rasakan adalah dengan bicara pada seseorang. Kamu bisa mencuri 5 menit dari waktu yang kamu punya untuk menghubungi teman yang sudah lama tidak kamu temui. Tanyakan kabarnya, dan bahas hal-hal sepele diluar pekerjaan.

Contoh, kamu bisa menghubungi teman sebangku saat SMA dan mengenang beberapa kejadian lucu dengannya. Walaupun cuma 5 menit tapi percaya deh, perasaan kamu akan jauh lebih bahagia dari sebelumnya.

4. Tidak melakukan apa pun selama 2 menit

Bahagia Itu Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Buktinya!
Diam  2 Menit

Kita terbiasa melakukan banyak hal. Berkejaran dengan pekerjaan selama seharian penuh seolah-olah kita akan kehilangan segalanya jika tidak bergerak dengan cepat. Pada kenyataannya bekerja terlalu banyaklah yang membuat kamu kehilangan kebahagiaanmu.

Setelah seharian melakukan ini itu, tidak ada salahnya jika di akhir hari kamu menikmati waktumu sendiri tanpa melakukan apa pun.

5. Ambil 30 detik untuk bernafas

Bahagia Itu Sederhana, 5 Kebiasaan Ini Buktinya!
Menarik nafas 30 detik

Selain mensyukuri hal-hal baik, salah satu hal yang patut kamu syukuri adalah keberadaan kamu di dunia. Tutup mata kamu, tarik nafas dalam-dalam selama 3 detik kemudian hembuskan lewat mulut dalam 5 detik. Lakukan hal ini beberapa kali. Meski sepele kebiasaan ini akan membuat tubuh dan fikiran jauh lebih santai.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.