05 October 2018

author photo
Turki merupakan negara terbesar di kawasan Eurasia. Ibukota Turki adalah Ankara, namun banyak wisatawan, termasuk masyarakat Indonesia yang menjadikan Istanbul sebagai destinasi liburannya karena Istanbul adalah jantung perekonomian, budaya, sejarah dan hiburan bagi negara Turki.

Budaya Turki memadukan sekumpulan unsur-unsur yang sangat beranekaragam yang telah diturunkan dari berbagai macam budaya Mediterania Timur (Asia Barat) dan Asia Tengah dan sedikit dipengaruhi oleh tradisi-tradisi Eropa Timur dan Kaukasus. Banyak dari tradisi-tradisi ini pada mulanya dibawa serta oleh Kesultanan Utsmaniyah, sebuah negara yang multi-etnis dan multi-agama.

Selain kental akan budayanya, Turki juga kaya akan sejarah, arsitektur bagungan-bangunan yang indah dan juga megah, masakan khas Turki yang sangat lezat dan masih banyak lagi. Makanan Turki banyak diincar para wisatawan yang datang berkunjung ke Turki, khususnya istanbul. Makanan apa saja? Yuk langsung saja simak!

1. Kebab.

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Kebab

Sapa yang gak kenal dengan Kebab? Makanan yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, kebab juga telah menjamur dimana-mana. Kebab di Turki cukup sehat karena tidak menggunakan mayonnaise dan banyak saus untuk bumbu di dalamnya.

Kebab adalah irisan daging kambing, domba atau sapi yang telah dibumbui dan dipanggang, kemudian ditambahkan sayuran, seperti irisan tomat, selada, jamur, bawang Bombay, saus sambal dan digulung didalam roti pita yang gurih.

2. Dolma.

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Dolma

Penampilannya mirip dengan lemper di Indonesia. Dolma adalah nasi yang diisi dengan lauk daging domba/sapi cincang, terong, paprika, tomat, kol dan bumbu rempah, kemudian dibungkus dengan daun anggur dan dikukus sampai matang.

3. Hummus.

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Hummus

Hummus merupakan hidangan pembuka khas Turki. Biasanya makanan ini disantap bersama dengan roti pita.

Hummus terbuat dari olahan kacang arab (chickpeas), olive oil, air lemon, lada dan garam. Hummus disajikan sebagai saus untuk cocolan roti pita. Unik ya!

4. Manti (Turkish Ravioli).

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Manti

Manti mirip dengan ravioli pada masakan Italia atau pangsit pada masakan Cina. Bedanya adalah isian Manti terbuat dari daging sapi atau domba cincang dengan bumbu khas Turki yang kaya akan rempah.

Manti bisa dimakan dengan dua cara, yaitu direbus atau digoreng. Dan biasanya disiram dengan saus dari yoghurt dan mentega cair, kemudian ditaburi dengan bubuk cabe.

5. Baklava.

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Baklava

Roti manis yang satu jangan sampai kelewatan ya, guys! Roti ini adalah roti khas Turki dan sudah terkenal seantero jagat.

Baklava adalah roti lapis berisi kacang-kacangan yang disajikan bersama dengan madu atau sirup. Kamu mudah sekali menemukan Baklava, hampir semua toko kue di Turki menjualnya.

6. Simit.

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Simit

Simit merupakan jajanan khas kaki lima yang sangat populer di Turki. Sangat mudah menemukan Simit di Turki. Simit adalah roti berbentuk cincin yang permukaannya ditaburi dengan wijen, teksturnya kering dan renyah.

Kamu bisa mengkonsumsi begitu saja sebagai camilan atau dinikmati sambil minum teh Turki.

7. Kofte (Meatball).

Ini DIa 7 Kuliner Nikmat Khas Istanbul, Turki!
Kofte

Kofte adalah salah satu hidangan andalan di Turki dan merupakan sejenis steak berukuran kecil seperti perkedel, yang terbuat dari campuran daging sapi atau kambing/domba, daging ayam yang telah dihaluskan, dan dicampur dengan bumbu rempah dan bawang bombay.

Cara mengolah Kofte ini bisa dipanggang, direbus dan digoreng sesuai selera kamu. Dan biasanya Kofte disantap bersama dengan salad atau nasi dan saus.  

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...