Sembelit, Yuk Gunakan 6 Minyak Esensial Untuk Mengatasinya!

Loading...
Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan sembelit itu terjadi. Mulai dari kebiasaan makan yang salah, kurang minum, kurang olah raga, hingga karena adanya iritasu pada usus. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengubah pola makan anda, meminum suplemen, dan mengkonsumsi obat pencahar. Tahukah kamu? bahwa minyak esensial termasuk salah satu bahan yang bisa dipergunakan untuk mengobati sembelit? Yuk langsung saja simak!

sembelit-yuk-gunakan-6-minyak-esensial-untuk-mengatasinya
Minyak Esensial

1. Minyak jahe

Minyak jahe biasanya banyak digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan mengurangi mual. Ternyata, minyak yang satu ini juga dapat membantu mengobati sembelit. Pasalnya, minyak jahe dapat merangsang sistem pencernaan dengan meningkatkan pergerakan lambung dan juga usus.

Cara mengatasi sembelit dengan minyak jahe bisa dilakukan dengan mencampurkan 3 hingga 5 tetes minyak dengan 30 ml minyak pembawanya seperti minyak kelapa atau minyak biji anggur. Kemudian, ambil campuran minyak ini lalu pijatkan ke perut. Ulangi sebanyak dua hingga tiga kali sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa meneteskan dua tetes minyak jahe ke dalam handuk yang direndam dalam sebaskom air panas. Kemudian, taruh handuk hangat ke atas perut Anda sampai handuk terasa dingin. Selanjutnya, angkat handuk dan pijat perut dengan gerakan searah jarum jam selama 2 hingga 3 menit.

2. Minyak peppermint

Minyak peppermint mengandung menthol yang memberikan efek dingin pada tubuh. Selain itu, minyak peppermint mengandung sifat antikejang yang dapat mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan. Dengan begitu, usus menjadi lebih kendur dan membantu meringankan sembelit. Selain itu, minyak peppermint juga sering digunakan pada kasus sembelit yang disebabkan oleh irritable bowel syndrome (IBS).

Untuk meredakan sembelit ringan, Anda bisa mencampurkan setetes minyak peppermint dengan 3 hingga 4 tetes minyak pembawanya seperti minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran minyak langsung ke perut dan pijat dengan gerakan melingkar.

Selain itu, Anda juga bisa menghirup aromanya baik melalui diffuser atau secara langsung. Pijatan membantu meningkatkan gerakan usus, sedangkan menghirup aromanya membantu mengendurkan otot pencernaan.

3. Minyak lavender

Minyak lavender banyak digunakan untuk membantu proses relaksasi dan ketenangan. Minyak yang satu ini membantu mendorong proses relaksasi tubuh termasuk usus. Sama seperti minyak esensial lainnya, campurkan minyak lavender dengan minyak pembawa kemudian oleskan ke perut dan pijat secara perlahan.

4. Minyak chamomile

Minyak chamomile membantu meningkatkan gerakan usus sehingga bisa mendorong feses keluar dan meredakan perut kembung. Biasanya, minyak chamomile banyak dikombinasikan dengan minyak lavender untuk membantu mengendurkan otot-otot di area perut.

Cara pakainya sama, encerkan minyak chamomile dengan minyak kelapa kemudian oleskan ke perut. Pijat area perut dengan gerakan searah jarum jam dan ulangi sebanyak tiga kali sehari.

5. Minyak fennel (adas)

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di BioMed Research International, minyak adas dapat membantu meringankan berbagai masalah pencernaan termasuk sembelit. Pasalnya, senyawa di dalam biji adas termasuk bahan yang berguna sebagai obat pencahar.

Minyak adas dapat membantu pergerakan usus jika oleskan langsung ke perut yang disertai dengan pijatan. Selain itu, minyak yang satu ini juga sangat bagus jika dihirup melalui diffuser. Oleh karena itu, sembari memijat perut dengan gerakan searah jarum jam Anda juga bisa sambil menghirup minyak yang telah dimasukkan ke dalam diffuser.

6. Minyak lemon

Minyak lemon mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus mengurangi peradangan. Kedua hal ini bisa membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik sehingga dapat meredakan sembelit. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menemukan fakta bahwa menggunakan minyak lemon dalam pijat aroma terapi dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Sama seperti minyak lainnya, Anda bisa menggunakan minyak yang satu ini dengan mengencerkannya kemudian memijatkan ke kulit dan menghirupnya lewat diffuser. Hindari paparan sinar matahari langsung saat mengoleskan minyak lemon.

Lakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak esensial
Penting untuk diingat bahwa minyak esensial yang dioleskan ke kulit akan menghasilkan reaksi berbeda pada tiap orang. Untuk menghindari reaksi alergi pada kulit, Anda perlu melakukan tes alergi. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak esensial yang telah diencerkan pada lengan bagian dalam. Tunggu selama 24 jam dan lihat hasilnya.

Jika tidak ada reaksi negatif seperti gatal, ruam, dan juga rasa panas, maka minyak ini aman untuk digunakan di bagian tubuh Anda yang lain. Sebaliknya, jika terdapat reaksi negatif maka Anda perlu mencari alternatif lain selain minyak esensial sebagai cara mengatasi sembelit.

(Ref: wowuniknya.net, hellosehat.com, berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Diberdayakan oleh Blogger.