28 November 2018

author photo
Wowuniknya.net - Pada dasarnya tubuh manusia itu unik. Tubuh manusia adalah mekanisme yang sangat rumit yang masih memiliki banyak rahasia dan telah diteliti oleh para ilmuwan selama berabad-abad. Akan tetapi mengapa kita tidak mencoba untuk mencari tahu misteri apa yang terdapat pada tubuh manusia ?

Berikut adalah 10 fakta aneh yang membuktikan tubuh manusia adalah sistem yang sangat misterius.

1. Otak Adalah Tempat Penyimpanan Memori Terbesar di Dunia
Fakta tubuh manusia
© General Electric / washingtonpost 

Tubuh manusia itu unik termasuk otak. Otak adalah mekanisme yang sangat rumit yang masih memiliki banyak rahasia yang telah diteliti para ilmuwan selama berabad-abad. Faktanya memori otak manusia memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan 2,5 juta GB informasi. Jika itu adalah file video, maka durasi yang akan tayang ialah sekitar 300 tahun. Puncak pengembangan memori terjadi pada usia 25 tahun dan mulai berkurang pada usia 50 tahun kecuali Anda terus melatih ingatan Anda.

2. Tubuh memperlambat proses sistem untuk melindungi anda dari tenggelam.
fakta tubuh manusia
@pixabay
Efek ini disebut juga sebagai refleks menyelam. Ketika otak Anda menyadari bahwa tubuh Anda tenggelam dalam air, tubuh anda akan memperlambat denyut jantung dan mengarahkan darah dari anggota badan ke organ vital untuk menghemat oksigen. Semakin dalam Anda menyelam atau tinggal di bawah air semakin lambat detak jantung Anda.


3. Kamu sangat kuat ketika masih bayi.
fakta tentang tubuh
© imgur / @ SleepIsForTheImgurless   © imgur / @ CarlosWeiner  
Bayi yang baru lahir sangatla kuat untuk ukuran dan berat badan mereka. Jika bayi memegangi alat gelantung maka bayi dapat bertahan lama tanpa merasa lelah. Pada usia 3 bulan, bayi biasanya akan kehilangan kemampuan ini.

4. Panjang pembuluh darah di tubuh manusia cukup untuk mengelilingi bumi 2,5 kali.
fakta tubuh manusia
© instagram / mokie16   © imgur / Nolongeralurker16  
Jika Anda mengambil semua pembuluh darah dari orang dewasa dan membaringkannya dalam satu garis, rata-rata garis itu akan membentang lebih dari 100.000 mil. Ini cukup untuk mengelilingi Bumi 2,5 kali. Jantung manusia, pada saat yang sama, memompa 5,7 juta liter darah dari rata-rata selama selama hidup. Volume ini cukup untuk mengisi 3 kolam renang ukuran Olimpiade.

5. Payudara seorang pria bisa menghasilkan susu.
fakta tubuh manusia
@brightside
Semua manusia, tanpa memandang jenis kelamin, memiliki kelenjar susu, saluran susu, dan puting susu. Puting pria dapat dirangsang untuk menghasilkan susu. Ini juga bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh stres berat.

6. Warna impian tergantung pada jenis televisi yang anda lihat.
fakta tubuh manusia
@eastnews
Jenis televisi yang Anda gunakan untuk menonton ketika Anda masih kecil dapat mempengaruhi warna impian Anda. Studi ini menunjukkan bahwa mayoritas orang yang dibesarkan menonton televisi monokrom melihat mimpi dalam warna hitam dan putih. Sementara orang yang lahir setelah televisi berwarna diciptakan memiliki mimpi berwarna-warni.

7. Otot anda dirancang untuk mengangkat beban.
fakta tubuh manusia
© depositphotos  
Pada tahun 1982, di Lawrenceville, Angela Cavallo mengangkat 1964 Chevrolet Impala. Ini bukan satu-satunya kasus di mana seseorang telah melakukan hal yang sepertinya tidak mungkin dilakukan. Faktanya manusia memiliki 640 otot di dalam tubuh, namun batas-batasnya tidak diketahui.


8. Tubuh manusia adalah mesin produksi lendir.
fakta tubuh manusia
© depositphotos 
Tubuh orang dewasa menghasilkan rata-rata 1,5 liter ingus per hari. Manusia menelan sebagian besar darinya tanpa memerhatikannya. Selain itu, tubuh juga menghasilkan satu liter air liur, 3 liter jus perut, 3,5 liter jus usus, dan satu liter empedu.

9. Cairan dari hidung bisa berasal dari otak anda.
fakta tubuh manusia
@brightside
Cairan yang keluar melalui hidung Anda bisa menjadi cairan otak Anda. Cairan otak terletak di sekitar otak yang ditahan oleh membran khusus. Kadang-kadang dapat bocor melalui hidung Anda dalam jumlah kecil, biasanya berupa cairan bening.

10. Ada pahlawan di tubuh manusia.
fakta tubuh manusia
© imgur / @biologizeable  
Dalam gambar ini, Anda dapat melihat sel darah putih mengejar bakteri, menyalipnya, dan melahapnya. Sel-sel ini adalah "pahlawan" dari tubuh kita yang melindunginya dari “penyerbu jahat.” Pada saat yang sama, tubuh kita juga membuang sel-sel tua yang berserakan. Misalnya, saat Anda membaca kalimat ini, 22 juta sel Anda mati. Dalam 30 detik berikutnya, tubuh Anda akan menghasilkan 72 juta sel darah merah baru dan akan menyingkirkan 174 ribu sel kulit yang menua.

Menarik bukan, bagaimana ciptaan tuhan yang maha esa ini sangatlah kompleks jadi kalian jangan menghina sesama yakk.

(Ref: wowuniknya.net, brightside, Leisan Gabidullina, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...