30 November 2018

author photo
Ternyata 5 Aktivitas Harian Ini Bisa Menyebabkan Kanker Payudara Loh!
Kanker Payudara @ medicalnewstoday.com
Wowuniknya.net - Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara.Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Sebenarnya gejala kanker payudara itu lebih mudah untuk dideteksi dari pada kanker rahim dan serviks. Dengan munculnya benjolan dan perubahan warna kulit sekitar area payudara, berarti itu adalah gejala awal yang harus kamu tindak lanjuti ya. 

Memang sangat berat jika seseorang di diagnosis bahwa dia terkena kanker payudara. Kamu harus mengenalinya sejak dini, apa saja penyebab penyakit kanker payudara yang paling dekat dengan rutinitas kamu ya. Yuk langsung saja simak!

1. Kurang bergerak

Anjuran rutin berolahraga itu memang penting lho buat menjaga kesehatan. Tubuh perempuan lebih mudah menyimpan lemak dibanding laki-laki. Jika gak diimbangi dengan aktivitas dan olahraga, timbunan lemak bisa menyebabkan munculnya penyakit.

Lemak juga menjadi bahan utama produksi hormon esterogen. Peningkatan jumlah eseterogen yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker terutama di bagian yang banyak memiliki kelenjar lemak, salah satunya payudara.

2. Suka beraktivitas hingga larut malam

Siapa nih yang suka beraktivitas sampai larut malam? Bisa karena bekerja, menonton film, atau malah stres hingga mengalami insomnia. Tubuh kita sebenarnya sudah punya jam biologis, kapan harus istirahat dan kapan mulai bekerja kembali.


Di malam hari, produksi hormon melatonin akan terjadi saat kita tidur. Jika kita terus terjaga dan beraktivitas, kadar melatonin dalam tubuh menjadi rendah. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab penyebaran sel kanker payudara.

3. Suka mengonsumsi makanan olahan berpengawet

Setuju gak kalau makanan olahan yang berpengawet itu selalu terlihat menggoda? Daging olahan, makanan beku, makanan kalengan dan camilan gurih dalam kemasan. Rasanya memang enak banget, tapi tanpa sadar kamu sedang membahayakan diri sendiri jika terlalu sering mengonsumsinya.

Makanan berpengawet mengandung bahan kimia aditif yang punya batas konsumsi maksimal untuk tubuh manusia. Beberapa bahan kimia aditif ini punya sifat radikal bebas yang bisa memicu penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Daripada cuma enak sesaat tapi jadi sumber penyakit di kemudian hari, batasilah konsumsi makanan berpengawet sedini mungkin. Ganti camilanmu dengan yang lebih sehat, karena kesehatan adalah investasi jangka panjang.

4. Hobi makan di malam hari

Hampir semua orang pasti pernah merasakan nikmatnya ngemil di malam hari. Sambil menonton TV, ngobrol bareng keluarga, atau menemani merampungkan pekerjaan. Setuju gak kalau ngemil di malam hari itu bikin kecanduan?

Metabolisme tubuh kita melambat di malam hari. Jika kita menambah asupan gula atau lemak, tubuh akan mencerna sebagian kecil saja dan sisanya tertimbun. Timbunan lemak ini yang menyebabkan peningkatan berat badan.

Seperti penjelasan poin 1, lemak berlebih akan memengaruhi produksi hormon dalam tubuh terutama esterogen. Jika kondisi ini dibiarkan, kelebihan esterogen akan memicu tumbuhnya sel kanker.

5. Sering terpapar polusi dan asap rokok

Radikal bebas juga terdapat pada asap rokok, kendaraan dan udara kotor. Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, jangan malu pakai masker demi kesehatan diri sendiri. Paparan karbondioksida berlebih yang kamu terima bisa memicu reaksi radikal dalam sel tubuh

(Ref:wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...