22 November 2018

author photo
Sangat padatnya rutinitas kamu dan juga pekerjaan yang terkadang lembur, membuat kamu mengistirahatkan tubuhmu secara berlebihan. Misalnya dengan tidur selama lebih dari 8 jam. Ternyata itu tidak baik loh. 

Jika kamu melakukannya, bisa-bisa bahaya bagi kesehatan kamu.

Apakah kamu salah satu yang tidur lebih dari 8 jam? Yuk langsung saja simak!

1. Masalah berat badan

Ini Dampaknya, Jika Kamu Tidur Lebih Dari 8 Jam
Pexels.com/rawpixel.com
Berbagai studi menunjukkan kalau tidur terlalu pendek ataupun terlalu panjang memiliki hubungan dengan diabetes juga obesitas. Saat seseorang tidur terlalu lama, biasanya mereka akan bangun terlalu siang dan langsung melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Hal ini berdampak pada kurangnya waktu untuk melakukan aktivitas fisik.

2. Depresi

Ini Dampaknya, Jika Kamu Tidur Lebih Dari 8 Jam
Pexels.com/Pixabay
Orang yang menderita gangguan depresi biasanya juga mengalami gangguan tidur. Terkadang, dalam beberapa kasus, depresi membuat orang tidur lebih dari biasanya. Ini adalah lingkaran setan karena tidur panjang akhirnya akan menyebabkan keputusasaan dan kelelahan.

Kamu akan tidur lebih banyak dan tidak ingin meninggalkan tempat tidurmu di pagi hari, kamu malas beraktivitas hingga akhirnya sampai malas hidup. Gejala-gejala ini semakin mengarahkanmu pada depresi. 

3. Masalah jantung

Ini Dampaknya, Jika Kamu Tidur Lebih Dari 8 Jam
Pexels.com/Pixabay  
Kalau kamu tidur terlalu lama, kamu tidak hanya kehilangan jam berharga tetapi kamu juga bisa terkena penyakit jantung. Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum dan tidur selama lebih dari 8 jam semalam meningkatkan kemungkinan kematian akibat serangan jantung sebesar 34 persen. Penelitian juga menunjukkan kalau wanita rentan tidur lebih lama daripada pria. Hati-hati ya wanita!

4. Sakit kepala

Ini Dampaknya, Jika Kamu Tidur Lebih Dari 8 Jam
Pexels.com/Pixabay  
Kurang tidur bisa menyebabkan sakit kepala. Tetapi sakit kepala juga terjadi ketika kita tidur terlalu lama. Kita tidak boleh terlalu banyak berbaring di tempat tidur bahkan walaupun  hanya di akhir pekan dan hari libur. Kalau tidak, kita bisa bangun dengan sakit kepala yang parah. Masalahnya, tidur berlebihan memengaruhi neurotransmiter di otak dan tingkat serotonin kita.

5. Masalah memori

Ini Dampaknya, Jika Kamu Tidur Lebih Dari 8 Jam
Pexels.com/Louis Bauer
Menurut sebuah penelitian, tidur panjang bisa memengaruhi kerja otak kita. Terlebih lagi, kalau kamu biasanya bangun di malam hari, kamu berkemungkinan besar tidak mendapatkan cukup tidur nyenyak. Akhirnya hal ini memengaruhi fungsi kognitif otak kita dan kemampuannya untuk berkonsentrasi serta mengingat hal detail.

6. Insomnia

Ini Dampaknya, Jika Kamu Tidur Lebih Dari 8 Jam
Pexels.com/Pixabay
Mungkin terdengar mengejutkan tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan tidur yang tidak sehat. Misalnya, kalau kamu begadang di depan komputer malam ini dan memutuskan untuk tidur lebih lama besok, kamu bisa menderita insomnia. 2 hari saja akan sangat cukup untuk membuat jam tubuhmu bingung sehingga kualitas tidurmu menjadi turun dan menjadi sulit tidur.

Tidur memang enak, tapi nikmati dengan bijak ya. Kalau terlalu berlebihan, tidur yang kamu kira sehat malah bisa membawa dampak buruk bagi tubuhmu.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com/health, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...