29 November 2018

author photo
Jarang Wanita Ketahui, Ini Fakta Penyebab Kanker Serviks!
Ilustrasi Kanker Serviks @huffpost.com
Wowuniknya.net - Kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Leher Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas), karena Kanker Leher Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awalnya. 

Daripada kanker rahim dan kanker payudara, kanker serviks ini menempati urutan teratas penyakit mematikan yang mengintai wanita. Karena gejala awal kanker serviks terkadang tidak terdeteksi. Banyak penderita kanker serviks yang terlambat dapat penanganan.

Tidak hanya karena faktor genetis , yang menyebabkan seorang wanita bisa terkena kanker. Yuk langsung saja simak fakta penyebab kanker serviks!

1. Kanker serviks gak sama dengan kanker rahim

Karena keduanya bermula di sekitar vagina dan rahim, banyak orang yang menganggap kanker rahim dan serviks itu sama. Memang sama-sama mematikan, tapi titik awal penyebaran dan penyebabnya berbeda.

Kanker serviks menyerang leher rahim, tepatnya pada sel kelenjar yang melapisi bagian permukaan luar. Kalau kanker rahim lebih banyak menyerang perempuan berusia di atas 40-an, kanker serviks bisa menjangkiti sejak usia muda lho. Harus waspada ya, girls!

2. Di mana letak serviks dan apa fungsinya?

Kamu penasaran gak sebenarnya di mana sih letak serviks? Serviks atau leher rahim terletak di bagian lubang vagina. Saluran yang menuju ke rahim ya, bukan saluran keluarnya air kencing.

Untuk kamu yang sudah menikah atau aktif melakukan hubungan seksual, serviks adalah bagian yang memproduksi cairan pelumas. Lendir bening yang dihasilkan serviks juga muncul saat keputihan atau menjelang menstruasi.

3. Gejala awal kanker serviks jarang terdeteksi

Sebagian besar pengidap kanker serviks terlambat mendeteksi gejala awal. Mereka baru mengetahui keberadaan sel kanker setelah menyebar luas ke organ lain. Gejalanya memang gak menunjukkan kondisi kritis atau bahaya, makanya sering diabaikan oleh pengidap.

Mudah merasa lelah, keputihan jangka panjang, perubahan siklus menstruasi yang terjadi terus menerus dan sering mengalami nyeri tulang merupakan gejala awal yang patut diwaspadai.

Kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter jika gejala di atas terus terjadi dalam jangka waktu lama. Apalagi saat cairan keputihanmu berwarna aneh seperti putih pekat, kecokelatan seperti flek jelang menstruasi, atau malah disertai darah.

4. Secara gak sadar, hampir semua cewek bersentuhan dengan penyebab kanker serviks setiap hari

Sampai hari ini masih banyak orang yang meyakini bahwa kanker adalah penyakit genetis. Anggapan ini juga yang membuat orang-orang merasa aman dari kanker dan menjadi kurang waspada.

Mau tahu gak, kita sebernarnya sering bersentuhan dengan penyebab kanker serviks setiap hari lho! Kurang olah raga, jarang mengonsumsi buah dan sayur, banyak makan kudapan berlemak, hingga sering terpapar asap rokok dan polusi.

Satu hal penting yang harus kamu tekankan pada diri sendiri, kanker lebih banyak disebabkan oleh pola hidup ketimbang riwayat genetis.

5. Apakah kanker serviks bisa dicegah?

Benar memang, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Tapi, kanker serviks yang ganas ini bisa dicegah gak sih? Bisa dong! Dengan menerapkan pola hidup secara disiplin, potensi tumbuhnya sel kanker jadi sangat kecil.

Selain itu, untuk perempuan yang sudah masuk usia aktif seksual (sudah mengalami menstruasi) bisa berkonsultasi dengan dokter kapan perlu mendapatkan vaksinasi HPV. HPV adalah human papilloma virus yang menginfeksi leher rahim. Uniknya, HPV juga terdapat di membran mulut, tenggorokan dan anus.

Selain vaksin HPV, perempuan berusia 21 tahun ke atas juga bisa melakukan pap smear. Tes kesehatan ini akan mengecek kondisi di sekitar leher rahim. Selebihnya, jagalah selalu kebersihan vagina dan hindari seks bebas hingga bergonta-ganti pasangan.

Demikianlah fakta penting tentang penyebab kanker serviks yang wajib kaum perempuan harus tahu sedini mungkin. Selalu jaga kesehatan ya, girls!

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...