16 November 2018

author photo
Ingin Tulang Sehat, Yuk Terapkan 5 Langkah Ini
Olahraga
Semua orang ingin sekali memiliki tulang yang sehat, namun beberapa aktifitas sehari-hari dapat membuat sebagian tulang mengalamai beberapa masalah yang berakibat fatal.

Dilansir Deutsche Welle, Tulang menopang tubuh kita sejak awal, untuk berjalan, meraih sesuatu atau untuk berdiri tegak. Tapi kesehatan tulang kerap diabaikan, dan baru diperhatikan saat sudah mengalami gangguan. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Bergerak dan berolahraga

Bergerak dan berolahraga harus dibiasakan sejak kecil agar kekuatan tulang sudah terbina sejak awal. Selain baik bagi tulang, berolahraga baik bagi otot dan kemampuan berberak. Otot yang kuat bisa membantu mencegah jatuh. Terutama pada mereka yang sudah berusia lanjut.

Makanan kaya kalsium

Vitamin K, magnesium dan seng penting bagi kesehatan tulang. Ini bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau, misalnya bayam. Juga dalam buah-buahan kering dan ikan serta daging yang tidak berlemak.

Menikmati sinar matahari

Vitamin D juga sangat penting bagi kesehatan tulang. Tulang-tulang kita hanya bisa mendapat keuntungan dari kalsium yang diperoleh dari makanan, jika juga mendapat vitamin D yang cukup. Untuk itu, tubuh kita hanya perlu sinar matahari, agar dapat memproduksi sendiri vitamin D.

Hindari olah raga berisiko tinggi

Pada dasarnya, semakin tulang digunakan, semakin banyak tulang memproduksi massa, sehingga semakin kuat. Tapi hati-hati. Jangan melakukan olah raga secara berlebihan. Karena efeknya bisa malah sebaliknya. Apalagi jika sampai menyebabkan cedera tulang.

Berkonsultasi dengan dokter

Risiko melemahnya tulang, seperti osteoporosis, sebaiknya diketahui sejak dini, agar gaya hidup dan makanan sudah bisa disesuaikan sejak dini. Untuk itu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 

Mulai sekarang yuk ubah gaya hidup menuju kehidupan yang lebih sehat dengan teratur berolahraga maupun memekan makanan yang sehat dan bergizi.

(Ref: wowuniknya.net, Deutsche Welle, aktiongesundeknochen, lavita.de, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...