23 November 2018

author photo
Utqiagvik di wilayah Kutub Utara, Amerika Serikat
Utqiagvik (Alaska) The Weather Network/@WLKYJohnBelski
Wowuniknya.net - Matahari menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi sebagian orang, karna matahari punya beragam manfaat baik untuk tubuh maupun untuk kegiatan industrial, namun sebagian orang di dunia tidak terlalu menyukai teriknya matahari karena berbagai macam alasan.

Namun bagaimana jika matahari benar-benar tidak menerangi suatu daerah, hal inipula yang terjadi pada suatu daerah di Amerika Serikat.
Sejak Minggu (18/11/2018), kota Utqiagvik di wilayah Kutub Utara, Amerika Serikat, telah mengalami fenomena hari tanpa matahari yang akan dialami selama 65 hari ke depan. Daerah itu kini telah diselimuti kegelapan dan ditutupi oleh salju.

Kota yang sebelumnya bernama Barrow ini mendapat paparan sinar matahari terakhirnya pada Minggu pukul 1.43 siang waktu setempat. Sejak saat itu, kota berpenduduk sekiranya 4000 orang ini baru akan disinari matahari lagi pada 23 Januari 2019 mendatang.
Fenomena ini terjadi lantaran kemiringan bumi yang menjauh dari matahari. Kemiringan bumi tersebut membuat daerah di lingkungan utara Lingkaran Arktik yang terletak di dekat Kutub Utara tak akan disinari matahari dua bulan ke depan.
Utqiagvik (Alaska)
Utqiagvik (Alaska) The Weather Network/@WLKYJohnBelski
Meski begitu, kota ini tak akan berada di kegelapan sepanjang hari. Walau tak ada matahari, nyatanya tetap ada cahaya yang cukup untuk melihat sekitar. Hal ini lantaran matahari yang berada di enam derajat di bawah cakrawala masih memberikan cahaya yang cukup untuk melihat benda-benda di sekitar.

Tentunya bagi kita semua tidak menginginkan hidup dikegelapan tanpa cahaya dari matahari bukan.

(Ref: wowuniknya.net, liputan6, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...