14 November 2018

author photo
Kadaluarsa adalah kurun waktu ketika suatu produk makanan akan tetap aman, mempertahankan sifat sensori, kimia, fisik, dan mikrobiologi tertentu, serta sesuai dengan keterangan pelabelan data nutrisi, ketika disimpan pada kondisi tertentu. Keterangan mengenai kadaluarsa diinformasikan kepada konsumen produk makanan dalam bentuk label supaya mereka dapat mengetahui waktu dan kondisi antara waktu pembelian hingga konsumsi.

Pernahkah kamu memperhatikan tanggal kadaluarsa suatu produk? Biasanya ada dua jenis tanggal yaitu best before atau dimana kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sebelum tanggal yang tertera. Lalu expiration date atau tidak mengkonsumsi makanan tersebut karena dikhawatirkan kualitasnya sudah menurun.

Tapi ternyata ada beberapa jenis makanan yang masih bisa dimakan ketika sudah lewat tanggal yang tertera pada kemasan. Apa saja? Yuk langsung saja simak!

1. Pasta kering

Tahukah Kamu? 6 Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa
Pasta Kering
Menurut Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia Amerika Serikat, pasta kering rupanya bisa disimpan sekitar satu sampai dua tahun dari tanggal di kemasannya. Wah, lama juga, ya.

Tapi ingat, ini untuk pasta kering yang belum dimasak, ya.

2. Susu segar

Tahukah Kamu? 6 Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa
Susu Segar
Susu biasanya tidak punya waktu simpan yang lama, nih. Ternyata susu masih bisa dikonsumsi kira-kira sampai 5 hari setelah tanggal di kemasannya. Tentu saja menjaganya di suhu rendah seperti di dalam kulkas menjaga kesegarannya.

Namun, seberapa lama kita menyimpannya tergantung pada kandungan lemak di dalam susu. Susu tanpa lemak masih bisa disimpan sampai 7 hari setelahnya. Tapi kalau susu sudah berubah warna atau mengeluarkan bau, jangan dikonsumsi, ya.

3. Makanan kaleng

Tahukah Kamu? 6 Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa
Makanan Kaleng
Dalam sebuah penelitian, makanan kaleng yang belum dibuka kemasannya,bisa bertahan sangat lama. Bahkan penelitian 1983 pernah meneliti kalau kandungan nutrisi dari jagung manis kaleng tahun 1930 masih bertahan.

Sementara makanan kaleng yang punya tingkat keasaman tinggi seperti buah dan sayur, bisa dikonsumsi setelah tanggal di kemasan.

Kornet yang belum dibuka juga bisa bertahan 2 tahun setelah tanggal di kemasan.

4. Roti tawar

Tahukah Kamu? 6 Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa
Roti Tawar
Roti juga memiliki tanggal kedaluwarsa yang cepat. Tapi kita masih boleh memakannya, asalkan tidak ada jamur yang muncul.

Meski hanya satu sisi yang ditumbuhi jamur, kita tidak boleh makan sisi lainnya karena kemungkinan akar jamur ada di sana.

5. Sereal

Tahukah Kamu? 6 Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa
Sereal
Sereal sarapan memang biasanya lekas habis, ya? Tapi rupanya sereal juga bisa dikonsumsi 6 - 8 bulan setelah tanggal yang tertera di kemasan.

Namun, syaratnya, kemasan sereal belum dibuka ya.

6. Madu

Tahukah Kamu? 6 Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Setelah Kadaluarsa
Madu
Yang satu ini memang sudah dikenal bisa disimpan dalam waktu yang lama. Madu bisa dikonsumsi dalam waktu lama kalau disimpan dengan baik. Ia hanya rusak jika berada di tempat yang terlalu lembap.

Oh iya, kalau ada tekstur kasar di atas madu, itu adalah molekul glukosa yang mengkristal karena terpisah dari air.

Nah, dari semua makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama ini, tentunya kita harus hati-hati dan memeriksanya lagi, ya.

Kalau sudah muncul jamur, atau ada perubahan warna, bentuk, dan bau, sebaiknya kita tidak memakannya. Karena nutrisi terbaik makanan tentu saja saat makanan masih segar ya.

(Ref: wowuniknya.net, bobo.grid.id, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...