21 November 2018

author photo
Bullying bukan hal yang asing lagi, bagaimana tidak? Di Indonesia sudah banyak yang menjadi korban bullying. Tak mengenal usia, dari SD, SMP, SMA hingga mahasiswa/i ataupun orang yang sudah bekerja. 

Korban dari bullying biasanya dialami oleh para wanita kisaran usia remaja hingga dewasa. Kenapa kebanyakan wanita? Karena wanita rata-rata sangat senang dipuji dari sisi personalitas maupun fisik. Kebanyakan wanita mengalami bullying secara tidak langsung, seperti melalui media sosial. 

Body shaming adalah istilah yang mewakili komentar negatif terhadap bentuk fisik seseorang dari ujung rambut hingga ujung kaki. Komentar tesebut tentu sangat berpengaruh pada psikologis orang yang dikomentari. Dari mulai emosi, marar, menangis, shock, hingga rasa ingin bunuh diri. Agar tetap kuat mengahdapinya, yuk simak beberapa tipsnya!

1. Cintai dirimu sendiri

5 Tips Agar Kamu Kuat Mengahadapi Body Shaming
pexels.com/Matheus Bertelli

Hal pertama dan utama yang harus kamu lakukan adalah menerima dirimu apa adanya dengan sukarela. Maknanya, bukan sekadar pasrah atau membenarkan komentar negatif yang terlontar dari orang lain, tapi cenderung kepada memandang kelebihan dan kelemahan diri sebagai anugerah agung dari Tuhan yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidupmu. 

Jangan memandang kekurangan fisik sebagai akhir dari segalanya. Masih banyak poin plus dalam diri yang sangat dahsyat apabila digali dan diberdayakan. Tentu saja, cantik bukanlah modal utama agar kamu bertahan hidup. Attitude baik dan kompetensi mumpuni adalah poin yang memesona dari dirimu.

2. Percayalah, fisik bisa diubah dengan usaha tertentu

5 Tips Agar Kamu Kuat Mengahadapi Body Shaming
pexels.com/Pixabay

Body shaming memang menyakitkan untuk didengar. Mungkin kamu pernah dikomentari gendut, pipi terlalu tembem, hidung pesek, kulit hitam, tubuh pendek hingga dikonotasikan sebagai binatang. 

Pada dasarnya, kita tak perlu terpengaruh akan ocehan yang menyerang fisik. Sebab, kondisi fisik adalah pemberian dari Tuhan. Mereka menertawakan fisik kita sama dengan mengejek ketentuan Tuhan. Selain itu, kondisi fisik pun sangat mudah diubah asalkan tetap berada dalam koridor syariat bagi seorang muslimah dan batasan wajar bagi cewek pada umumnya. 

Banyak sekali kosmetik dan fashion kekinian yang menunjang perawatan dan penampilanmu agar terlihat anggun dan rapi. Tentu saja dengan catatan, keduanya digunakan secara bijak.

3. Tingkatkan percaya diri dengan prestasi

5 Tips Agar Kamu Kuat Mengahadapi Body Shaming
pexels.com/João Jesus

Prestasi adalah poin yang sulit disanggah oleh orang lain saat mereka mulai menyerang kekurangan fisik. Tidak masalah jika kamu tidak cantik menurut pandangan mereka, tapi kamu sudah memiliki kebanggan diri lewat prestasi. 

Pada dasarnya, cantik pun tidak memiliki standar universal kecuali untuk kompetisi ratu kecantikan. Jadi, tak perlu berkecil hati karena cantik bisa diusahakan. Tetaplah percaya diri bahwa kamu istimewa dan bisa hidup tenang tanpa mengorek kelemahan orang lain.

4. Abaikan dan habiskan waktu dengan hobi atau aktivitas positif

5 Tips Agar Kamu Kuat Mengahadapi Body Shaming
pexels.com/Bryan Schneider

Selain itu, memikirkan komentar buruk orang lain terhadap fisik kita juga bagian dari wasting time. Orang orang yang hobi berkomentar buruk sejatinya tidak bahagia dan mencari kepuasan hati lewat cara tersebut. 

Orang yang menjadi korban justru tidak rugi sedikitpun, malah hal itu bisa berbalik menjadi keuntunganmu jika bisa disikapi dengan kepala dingin. Mereka bukanlah keluarga, atasan atau teman sejati kita. Mereka tak pernah berkontribusi dalam hidup yang kita jalani. Jadi, tak perlu mempertimbangkan perkara tidak penting.

5. Bukalah diri untuk menerima dukungan dari orangtua atau keluarga dekat

5 Tips Agar Kamu Kuat Mengahadapi Body Shaming
pexels.com/Helena Lopes 

Memang, pembulian fisik tetap menyisakan hard feeling bagi para korbannya. Ada rasa marah yang sulit dilampiaskan. Jika kondisi itu kamu alami, mintalah dukungan dari orang terdeka, seperti orangtua maupun sahabat. Mereka adalah orang yang tulus dalam hidupmu. Kata-kata dan dukungan mereka jauh lebih layak diyakini ketimbang orang yang tidak mengerti sedikitpun tentang kamu.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...