18 December 2018

author photo
Burung Paling Mematikan di Dunia
Burung Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia (Kasuari)
Wowuniknya.net - Film seperti The Birds (1963) atau The Happening (2008) yang mengeksplorasi kemungkinan alam tiba-tiba menjadi pendendam kepada manusia dari waktu ke waktu yang dituangkan kedalam layar bioskop, tetapi prospek cedera dan bahkan kematian yang disebabkan oleh burung agresif bukan hanya sedekar fiksi. 

Teritorial dan membela diri dari predator tetap menjadi ancaman yang serius, dan bahkan burung terkecil pun akan menyerang agar terhindar dari ancaman. 

Dilansir Britannica, Beikut daftar 6 burung burung paling berbahaya di dunia. Jangan sampai mengusik keberadaan mereka

1. Burung Kasuari (Casuarius)
Burung Paling Berbahaya di Dunia
Burung Kasuari | @wikimedia
Kasuari yang merupakan binatang yang dilindungi di Indonesia dan juga menjadi fauna identitas provinsi Papua Barat terdiri atas tiga jenis (spesies). Ketiga spesies Kasuari yaitu Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus), Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius), dan Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti).

Kasuari Menyerang dari waktu ke waktu namun jarang terjadi pada manusia. Salah satu serangan paling terkenal (dan satu-satunya yang diketahui menyebabkan kematian pada manusia yang telah dikonfirmasi) terjadi pada tahun 1926: satu anggota sekelompok anak remaja yang berburu kasuari tewas setelah kasuari melompat ke atasnya ketika dia berada di tanah. Burung itu menyayat urat leher anak laki-laki itu dengan kuku jari kakinya yang panjang.

Bahkan konon, The Guinnes Book of Records memasukkan burung Kasuari sebagai burung paling berbahaya di dunia. 

2. Burung Unta (Struthio camelus)
Burung Paling Berbahaya di Dunia
Burung Unta
Burung unta merupakan burung terbesar yang masih hidup. Dengan ketinggian hingga 2,5 meter (8 kaki), ia cukup besar seukuran orang dewasa berbadan kecil menunggang mereka dan telah digunakan di sebagian Afrika Utara dan Arab sebagai hewan tunggangan perlombaan.

Burung unta yang ketakutan dapat berlari mencapai kecepatan 72,5 kilometer (45 mil) per jam. Jika terpojok, ia dapat memberikan tendangan berbahaya yang mampu membunuh singa dan pemangsa besar lainnya. Kematian akibat tendangan dan tebasan jarang terjadi pada manusia, namun sebagian besar serangan yang diakibatkan oleh binatang ini diakibatkan karna manusia mengusiknya.

Salah satu cerita penyerangan burung unta yang paling menarik yaitu melibatkan musisi Amerika Johnny Cash yang memelihara burung unta di propertinya. Cash mencatat bahwa pukulan burung itu telah mengenai perutnya, dan jika bukan karena sabuk ikat pinggang yang ia gunakan maka cakar kaki burung unta akan memotong perutnya dan membunuhnya.

3. Burung Emu (Dromaius novaehollandiae)
Burung Paling Berbahaya di Dunia
Burung Emu | @wikimedia
Burung emo mempunyai tubuh yang kekar dan berkaki panjang seperti kerabatnya yaitu kasuari selai itu burung emu adalah burung terbesar kedua di dunia. Burung emu dapat melaju hampir 50 km (30 mil) per jam; jika terpojok, mereka akan menendang dengan kaki kaki besar mereka. 


Seperti kasuari dan burung unta, cakar kaki dari emu mampu mengeluarkan isi perut hewan pada kondisi yang tepat; Namun, korban jiwa manusia sangat jarang. Laporan serangan burung emu yang mengakibatkan berbagai cedera di Australia.

4. Burung Hering Berjanggut (Gypaetus barbatus)
Burung Paling Berbahaya di Dunia
Burung Hering Berjanggut | @wikimedia
Lammergeiers, yang juga disebut herarded vultures, adalah burung nasar elang besar dari  Hering dunia Lama (keluarga Accipitridae). Burung ini dapat berkembang biak mencapai panjang lebih dari 1 meter, dengan rentang sayap hampir 3 meter.

Mereka mendiami daerah pegunungan dari Asia Tengah dan Afrika timur sampai Spanyol dan mereka memakan bangkai, terutama bagian tulang binatang yang mereka jatuhkan dari ketinggian setinggi 80 meter (260 kaki) ke bebatuan datar di bawahnya, stelah dijatuhkan tulang korban akan retak dan burung tersebut memakan sumsum tulangnya. Serangan terhadap manusia jarang terjadi.

5. Burung Hantu Tanduk Besar (Bubo virginianus)
Burung Paling Berbahaya di Dunia
Burung Hantu Tanduk Besar | @flickr
Burung hantu ini dikenal sering menyerang orang dikarenakan mereka membela kawanan mereka dan wilayah khusus mereka. Target serangan burung ini biasanya para pelari dan pejalan kaki. Namun korban dari serangan burung ini jarang mengakibatkan cidera maupun kematian.

Burung hantu bertanduk besar adalah predator kuat yang sering tumbuh hingga lebih dari 2 kaki (60 cm) panjangnya, dengan rentang sayapsekitar 200 cm (80 inci). Burung hantu ini bisa ditemukan di seluruh Amerika.

Kekuatan cengkeraman cakar mereka bisa sekuat 500 psi (mirip dengan gigitan anjing penjaga besar dan dengan demikian cukup besar untuk mencakar atau membunuh secara permanen).

6. Burung Hantu Hoot (Strix varia)
Burung Paling Berbahaya di Dunia
Burung Hantu Hoot | @flickr
Habitat burung ini meliputi sebagian besar wilayah Amerika Serikat bagian timur dan sebagian Kanada. Burung ini mempunyai berat sekitar 630 dan 800 gram (1,4 hingga 1,8 pon) dan memiliki lebar sayap sekitar 110 cm (43 inci). Serangan burung ini terjadi pada pejalan kaki di Texas sampai British Columbia.

(Ref: wowuniknya.net, britannica, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga