22 December 2018

author photo
Perbedaan CV dan Resume
Perbedaan CV dan Resume | @novoresume.com
Wowuniknya.net - Mempersiapkan ringkasan pengalaman kerja dan keterampilan adalah bagian penting dari proses pencarian pekerjaan. Tetapi bagi pencari kerja muda, yang baru lulus dari sekolah menengah atas, perguruan tinggi, atau program pascasarjana, salah satu kendala pertama yang dihadapi adalah apakah Anda harus menyiapkan resume atau CV. Tetapi apa perbedaan antara keduanya, dan mengapa itu penting ketika melamar pekerjaan?

Istilah resume berasal dari bahasa Prancis, yang berarti "untuk meringkas", sementara CV adalah singkatan dari curriculum vitae, yang berarti "riwayat hidup." Oleh karena itu, perbedaan terbesar antara resume dan CV adalah panjangnya.

Resume memberikan ikhtisar singkat tentang pendidikan, pengalaman kerja, kredensial, dan keterampilan yang relevan, biasanya sesuai untuk satu halaman.

Di lain sisi CV sering mempunyai beberapa halaman dan menyajikan ringkasan detail latar belakang akademis, gelar, pengalaman kerja, penelitian, publikasi, penghargaan, dan prestasi lainnya.

Resume dan CV juga berbeda karena biasanya disesuaikan dengan pekerjaan tertentu. Resume umumnya hanya menampilkan pengalaman dan keterampilan yang berhubungan langsung dengan deskripsi pekerjaan.


CV mungkin dirancang untuk tingkat yang lebih kecil, seperti dengan menyoroti keterampilan khusus yang relevan dengan pekerjaan yang dituju, dan memerlukan sedikit pengeditan atau penyempurnaan dari satu aplikasi pekerjaan ke aplikasi berikutnya.

CV terus bertambah seiring berjalannya waktu karena publikasi, keterampilan, dan prestasi yang baru ditambahkan ke dalam dokumen.

Selain itu, CV umumnya disukai di dunia akademis dan digunakan hampir secara eksklusif ketika melamar hampir semua pekerjaan di negara selain Kanada atau Amerika Serikat.

Dalam banyak kasus, seperti perusahaan, sekolah, atau lembaga lain yang merekrut karyawan baru jelas akan melirik jenis dokumen yang mereka sukai seperti CV maupun Resume yang memiliki keunikan tersendiri.

(Ref: wowuniknya.net, britannica)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga