20 December 2018

author photo
Wi-Fi juga ditulis Wifi atau WiFi
Wi-Fi juga ditulis Wifi atau WiFi | @Deltalink

Wowuniknya.net - Wi-Fi juga ditulis Wifi atau WiFi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita yang memungkinkan konektifitas serba cepat. Berkat Wi-Fi, kita tidak lagi harus ditambatkan ke Internet dengan kabel. Tetapi apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja Wi-Fi?

Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mengirim informasi antara perangkat Anda dan router melalui frekuensi. Dua frekuensi gelombang radio dapat digunakan, tergantung pada jumlah data yang dikirim: 2,4 gigahertz dan 5 gigahertz.

Apa maksudnya itu? Nah, hertz hanyalah ukuran frekuensi. Misalnya, katakanlah Anda sedang duduk di pantai, menyaksikan ombak menerjang pantai. Jika Anda mengukur waktu antara setiap rambatan gelombang, Anda akan mengukur frekuensi gelombang.

Satu hertz adalah frekuensi dari satu gelombang per detik. Di sisi lain satu gigahertz adalah satu miliar gelombang per detik (Syukurlah pantai tidak seperti itu, mungkin jika gelombang pantai sama seperti gelombang wifi maka tidak akan sesantai yang kita lihat). Semakin tinggi frekuensinya, semakin besar jumlah data yang ditransmisikan per detiknya.

Dua frekuensi Wi-Fi dibagi menjadi beberapa saluran sehingga mencegah lalu lintas dan tingginya gangguan. Ketika menyangkut pembagian data di seluruh saluran ini, yah, saat itulah keajaiban ilmu komputer terjadi.


Langkah pertama dalam proses ini dimulai dari Anda (sebagai pengguna). Saat Anda mengakses Internet di perangkat Anda, itu mengubah semua informasi yang Anda minta menjadi kode biner, bahasa komputer. Semua komputer memproses informasi berdasarkan kode biner, yaitu serangkaian angka 1 dan 0.

Ketika Anda mengklik artikel ini, permintaan Anda diterjemahkan ke dalam sekelompok 1 dan 0. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, 1 dan 0 diterjemahkan kedalam frekuensi gelombang oleh chip Wi-Fi yang tertanam di perangkat Anda.

Frekuensi perjalanan melintasi saluran gelombang radio yang disebutkan sebelumnya dan diterima oleh router Wi-Fi yang terhubung ke perangkat Anda. Router kemudian mengubah frekuensi kembali ke kode biner dan menerjemahkan kode ke dalam lalu lintas Internet yang Anda minta, dan router menerima data tersebut melalui kabel internet yang terhubung.

Proses ini berulang hingga Anda memuat artikel ini atau apa pun yang memerlukan koneksi Internet. Semua ini terjadi pada tingkat kecepatan yang luar biasa; kebanyakan router beroperasi pada 54 Mbps (megabit per detik), yang berarti bahwa ketika router tersebut menerjemahkan dan mengirimkan 54 juta data biner 1 dan 0 diambil atau dikirim dalam satu detik.

Bagaimana mudah-mudahan kalian semua mengerti yak, bagaimana cara kerja dari wi-fi yang anda gunakan sekarang ini.

(Ref: wowuniknya.net, britannica)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga