05 December 2018

author photo
Agar Tidak Mudah Panik, Ini Dia 6 Tips Yang Perlu Kamu Terapkan!
Ilustrasi Kecemasan @unsplash.com/Brooke Cagle
Wowuniknya.net - Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

Banyak diantara kamu pasti pernah merasakan kecemasan atau ketakutan yang berlebihan. Misalnya ketika ingin presentasi, bradaptasi dengan lingkungan baru, dan lain sebagainya.

Perasaan tersebut membuat kamu tidak nyaman sehingga kamu harus bisa mengendalikannya mau tidak mau. Karena nantinya akan merugikan diri kamu sendiri. Yuk ikuti 6 cara mengatasi rasa takut.

1. Lakukan teknik bernapas yang benar

Teknik bernapas di sini memiliki artian deep breath technique yang bisa kita lakukan dengan cara mengambil napas perlahan melalui hidung lalu dihembuskan secara perlahan melalui mulut. Usahakan untuk menjaga bahu agar tetap rileks. 

2. Berbicara pada pikiran

Saat khawatir pikiran akan berkeliaran kemana-mana sehingga membuat ‘kegaduhan’ pada diri sendiri. Untuk menghentikannya berbicaralah pada pikiran dan diri sendiri. Renungkan lagi hal-hal yang kita khawatirkan, temukan jalan keluar dari perasaan gundah tersebut.


3. Menghindari kafein

Kafein bisa meningkatkan hormon stres karena dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah dan kadar hormon stres itu sendiri. Konsumsi kafein bisa membuat meningkatkan dua kali lipat tekanan darah dari hormon stres.

4. Berolahraga ringan

Menurut penelitian orang yang lebih aktif berolahraga memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah daripada orang yang tidak aktif/pasif. Keluar rumah untuk sekedar jogging atau berjalan-jalan juga sudah termasuk sebagai olahraga ringan lho guys.

5. Ciptakan suasana yang menenangkan

Untuk menghilangkan perasaan gelisah ciptakan suasana yang menyenangkan, seperti menyalakan lilin dengan aromaterapi, memainkan musik klasik, atau berada di ruangan terbuka yang hijau. Berbagai pilihan di atas akan membuat tingkat stresmu berkurang.


6. Mengisi perut dengan makanan kesukaan

Kegiatan ini bisa membantu mengurangi kecemasan dan memperbaiki suasana hati. Terlebih saat kita memakan makanan yang kita sukai, perasaan seketika akan membaik dan kamu bisa lupa dengan kekhawatiran yang kamu rasakan sebelumnya.

(Ref: wowuniknya.net, idntimes.com, wikipedia, berbagai sumber)
Buka Komentar

Jumlah 0 komentar

Terimakasih Telah Berkunjung, Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Dilarang Menggunakan Kalimat Yang Mengandung (SARA, RASIS, PORNOGRAFI, PROVOKATIF & KEBENCIAN).

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post
Loading...