14 December 2018

author photo
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi pemanasan global akibat kerusakan lingkungan
Wowuniknya.net - Planet bumi menjadi tempat terbaik bagi seluruh umat manusia, kadangkala manusia tidak berfikir bagaimana kelanjutan hidup mereka karena pemanasan global. Banjir, tanah longsor, penurunan muka tanah, punahnya biodiversity, sampai tenggelamnya sebuah pulau, itu semua akibat pemanasan global yang bersumber dari kerusakan lingkungan.

Banyak hal yang membuat bumi semakin renta, dan apakah kita akan bertindak jikalau sebuah bencana sudah terasa akibat pemanasan global. Mungkin sebagian orang tidak merasa dampak langsung namun dibeberapa tempat pemanasan global dan kerusakan lingkungan sudah mulai terasa.

Dilansir Bright Side, Mungkin Iklan layanan masyarakat yang menyindir tingkah laku manusia terhadap lingkungan adalah salah satu cara terbaik untuk mengingatkan orang-orang mengapa melindungi lingkungan sangatlah penting agar tidak terjadi bencana global warming atau pemanasan global. 

Tentu saja, untuk membuat orang tertarik dengan kesadaran menjaga lingkungan maka iklan layanan masyarakat haruslah sangat kuat akan informasi dan menarik khalayak masyarakat. Mungkin iklan layanan masyarakat ini akan membuat orang-orang berfikir ulang untuk merusak lingkungan.

1. Seperti domino yang lambat laun membuat para hewan terancam kepunahan akibat kerusakan habitat asli mereka oleh manusia-manusia serakah.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi domino pada hewan yang akan punah | @WWF
2. Jika anda menghemat pemakaian kertas anda menyelamatkan ribuan hektar hutan serta biodiversity disekitar hutan.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Dunia dalam kertas | @WWF
3. Menyembunyikan masalah lingkungan tidak akan mengubah kondisi, mulai sekarang kita harus sadar masalah lingkungan dan bertindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Forchets Milano
Ilustrasi sampah | @Forchets Milano 
4. Menurut WWF hutan di pulau sumatra semakin menipis dikarenakan penebangan pohon yang tak terkendali, hampir sekitar 663 juta pohon ditebang untuk membuka lahan sawit.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi hutan terbakar | @WWF


5. Mungkin manusia tidak merasakan langsung akibat pencemaran minyak tumpah, namun hewan-hewan akan merasakan langsung dampak tumpahan minyak.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi pencemaran minyak tumpah | @BBD Toronto
6. Hampir butuh waktu puluhan tahun hingga ratusan tahun untuk membuat hutan kembali ke kondisi awal mereka.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi penebangan pohon | @WWF
7. Manusia akan merasakan dampak pemanasan global secara langsung jika tidak cepat bertindak, seperti ilustrasi pulau tenggelam ini akibat kenaikan permukaan laut.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustasi pulau tenggelam akibat kenaikan muka air laut | @Daeong
8. Ini bukanlah sebuah parkiran suatu konser melainkan parkiran ribuan mobil yang tidak laku dijual, untuk menaruh ribuan mobil ini segelintir orang memaksa menggunduli hutan hanya untuk parkir mobil yang tak laku.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Mobil tak laku berjajar rapi di hutan yang digunduli | @shutterstock
9. Gambar di bawah ini bukanlah sebuah samudra ataupun lautan lepas, melainkan refleksi sebuah lautan plastik.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi sampah di lautan | @Heimat
10. Jika anda hobi menyantap hidangan laut, bagaimana jika hidangan laut di ganti seperti gambar di bawah ini !
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Ilustrasi makanan laut (sampah plastik) | @surfrider foundation


11. Sampah plastik menjadi momok terbesar saat ini tidak hanya merusak lingkungan tapi bisa membuat hewan-hewan tersiksa.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Sampah plastik membuat hewan-hewan mati tercekik | @WWF
12. Apa perlu bencana datang duluan sebelum kita bertindak.
bencana sampah di lautan
Bencana sampah di lautan
13. Mulai sekarang yuk buanglah sampah pada tempatnya agar dilain waktu kita bisa merasakan dampaknya, jika tidak sudah pasti banjir akan datang.
Bencana akibat kerusakan lingkungan
Jangan buang sampah sembarangan | @BBDO Sydney
Nah apakah kalian masih ingin melakukan kerusakan lingkungan, mulai sekarang kita harus sadar akan apa dampak yang akan timbul dari kerusakan lingkungan, mungkin hari ini belum terasa, namun jika tak teratasi maka cepat atau lambat akan terasa.

(ref: wowuniknya.net, brightside)
Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga