26 December 2018

author photo
Latihan Plank
Latihan Plank @brightside
Wowuniknya.net - Olahraga menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Wanita maupun pria pada saat ini sangat memperdulikan penampilan tubuh mereka dan merekapun rela mengeluarkan uang yang besar untuk membentuk tubuh yang diinginkan.

Namun jangan khawatir ada berbagai cara untuk memperoleh postur tubuh yang bagus dan bisa dilakukan dirumah loh. Pernahkah Anda melakukan latihan plank sebelumnya? Latihan plank mana yang menjadi favorit Anda?

Latihan plank juga membantu anda untuk mengencangkan perut, kaki, lengan, pinggul, dan meningkatkan postur serta keseimbangan tubuh Anda. Jika Anda baru dalam latihan plank, penting untuk memulai latihan ini dalam waktu singkat dan beristirahat lebih lama setelahnya. Yang paling penting adalah menjaga porsi latihan setiap hari untuk memastikan hasil terbaik.


Dilansir Bright Side, ada satu set latihan plank untuk selama periode 21 hari (3 minggu). Setiap minggunya memiliki penjelasan terperinci dengan rencana latihan plank. Yuk mari kita latihan plank dan tingkatkan tubuh untuk kesehatan Anda menjadi lebih baik!

Rencana awal yang sederhana: melakukan latihan plank setiap minggu, menambah waktu dan bergantian dengan latihan lain. Jika terlalu sulit pada awalnya, pastikan Anda beristirahat dan tidak membebani tubuh Anda. Ingat, setiap hari melakukan latihan selangkah demi selangkah dan membuat kemajuan pada latihan.

  1. Latihan untuk minggu 1: Mulai dari 20 detik dan naik menjadi 60 detik. 
  2. Latihan untuk minggu 2: Tingkatkan waktu secara bertahap dari 60 detik menjadi 90 detik. 
  3. Latihan untuk minggu 3: Tingkatkan waktu secara bertahap dari 90 detik menjadi 120 detik.

1. Minggu Pertama
Latihan Plank
Latihan Plank Minggu Pertama @brightside
Mulailah hari-hari pertama Anda dengan latihan plank seperti gambar diatas. Tempatkan lengan Anda di atas matras yoga dan sejajarkan siku di bawah bahu. Lengan Anda harus sejajar dengan tubuh dengan jarak selebar bahu. Anda bisa menggenggam tangan Anda untuk kenyamanan yang lebih besar. Perbaiki leher dan tulang belakang Anda dengan melihat satu titik di lantai sekitar 30 sentimeter di depan tangan Anda. Perhatikan kepala anda sehingga sejajar dengan punggung Anda. Tahan posisi ini selama 20 detik.
Latihan Plank
Latihan Plank Satu Kaki @brightside
Ketika Anda merasa lebih nyaman dengan latihan plank lengan bawah, sekarang saatnya untuk mengganti dengan latihan plank satu kaki. Dengan mengangkat satu kaki ke atas ke arah langit (angkat kaki sejauh Anda merasa nyaman), Anda bisa mengganti posisi kaki kiri atau kanan anda saat latihan. Pada akhir minggu pertama secara bertahap tingkatkan waktu latihan Anda hingga 30 detik.


2. Minggu Kedua
Latihan Plank Minggu Kedua
Latihan Plank Minggu Kedua @brightside
Pada minggu kedua Anda latihan plank standar. Letakkan tangan Anda langsung di bawah bahu, jatuhkan jari kaki ke lantai, dan tekan glutes Anda untuk menstabilkan tubuh. Perbaiki leher dan tulang belakang Anda. Perhatikan sehingga kepala Anda sejajar dengan punggung Anda. Tahan posisi selama 10 detik. Kemudian tekuk siku kanan Anda dan letakkan di lantai. Lakukan hal yang sama pada siku kiri Anda. Kemudian kembali ke posisi awal dengan membengkokkan lengan Anda satu per satu.

Pada minggu ini, secara bertahap tingkatkan waktu latihan standar Anda dari 60 detik menjadi 90 detik.

3. Minggu Ketiga
Latihan Plank Minggu Ketiga
Latihan Plank Minggu Ketiga @brightside
Untuk minggu terakhir, gantikan latihan lengan bawah Anda dengan latihan plank lumba-lumba. Latihan ini terinspirasi oleh yoga; karena akan memperkuat inti perut, dan bahu. Mulailah dengan latihan plank lengan bawah dan angkat pinggul Anda ke arah langit-langit dalam bentuk "V" dan kembali ke posisi lengan bawah. Ulangi 15 kali.

Sedangkan untuk latihan plank lengan bawah Anda sendiri, mulailah dengan 90 detik dan secara bertahap tingkatkan waktu menjadi 120 detik pada hari ke-21.

Apakah Anda bersedia mencoba tantangan 21 hari ini? Bagikan pemikiran Anda dengan kami di komentar!

(Ref: wowuniknya.net, brightside)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga