21 December 2018

author photo
Jika dikonsumsi berlebihan akan berakibat fatal
Biji Apel | @doctoroz
Wowuniknya.net - Ketika anda memakan apel dan tidak sengaja mengunyah biji apel tersebut, lalu anda membaca artikel ini tentang biji apel sangat beracun, bagimana perasaan anda ? Nah, biji apel memang bisa beracun, tetapi butuh beberapa dari mereka untuk membunuh Anda dan biji apel akan bereaksi jika mereka telah dihancurkan.

Biji apel (dan biji tanaman terkait, seperti pir dan ceri) mengandung amygdalin, glikosida sianogenik yang terdiri dari sianida dan gula.

Ketika dimetabolisme dalam sistem pencernaan, bahan kimia ini terdegradasi menjadi hidrogen sianida (HCN) yang sangat beracun bagi manusia. Dosis mematikan HCN dapat membunuh dalam beberapa menit saja.

Untungnya, ada beberapa faktor yang membuat biji apel sangat tidak mungkin untuk membunuh manusia. 

Pertama, amygdalin hanya dapat bereaksi jika biji telah dihancurkan atau dikunyah; jika biji apel utuh maka tidak akan berbahaya.

Kedua, tubuh manusia dapat memproses HCN dalam dosis kecil, sehingga beberapa biji apel yang dikunyah biasanya tidak akan berbahaya.


Terakhir, rata-rata orang dewasa harus makan 150 biji hingga beberapa ribu biji buah hingga hancur (tergantung pada varietas apel) untuk beresiko keracunan sianida.

Buah Apel rata-rata hanya berisi sekitar lima hingga delapan biji saja. Jadi manusia yang tidak sengaja mengunyah biji apel tanpa disadari dengan konsumsi biji apel yang tidak banyak maka tidak akan berbahaya.

Nah sekarang kalian sudah tahu kan biji apel memang mengandung senyawa sianida, namun jika tidak disengaja terkonsumsi dengan jumlah sedikit maka tidak masalah, namun jangan coba-coba untuk mengkonsumsinya dengan cara berlebihan yak.

(Ref: wowuniknya.net, britannica)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga