20 December 2018

author photo
perbedan monyet dan kera
Orangutan | @redapes.org
Wowuniknya.net - Monyet dan kera sama-sama dalam keluaga primata. Namun manusia sering kali salah menbedakan antara monyet dan kera. Seperti ketika Anda melihat owa atau marmoset, lalu bagaimana Anda tahu yang mana monyet dan yang mana kera, membingungkan sekali bukan?

Cara tercepat untuk mengetahui perbedaan antara monyet dan kera adalah dengan ada atau tidaknya ekor. Hampir semua monyet memiliki ekor namun kera tidak.


Ciri fisik tubuh mereka juga berbeda, monyet pada umumnya lebih kecil dan berdada sempit, sedangkan kera lebih besar dan memiliki dada yang lebar dan sendi bahu yang memungkinkan mereka untuk berayun melalui pepohonan (sementara beberapa monyet juga memiliki kemampuan ini, kebanyakan dari mereka diciptakan untuk berlari melintasi cabang daripada berayun).

Kera umumnya lebih cerdas daripada monyet, dan sebagian besar spesies kera menunjukkan kebisaan mengunakan beberapa alat yang diberikan manusia.

Sementara itu monyet dan kera dapat menggunakan suara dan gerakan untuk berkomunikasi, kera telah menunjukkan kemampuan yang lebih tinggi dengan bahasa, dan beberapa kera telah dilatih untuk mempelajari bahasa isyarat manusia.


Namun, mungkin cara terbaik untuk mengingat perbedaan antara monyet dan kera adalah dengan menghafal ciri-ciri mereka. Hanya ada segelintir spesies kera, sementara ada ratusan spesies monyet. Jika primata yang Anda coba lihat dan bukan termasuk siamang, simpanse, bonobo, orangutan, atau gorila (lemur, kukang, atau tarsius), maka itu adalah monyet.

Nah bagaimana sekarang anda mengertikan perbedaan antara monyet dan kera, yang paling simpel membedakan mereka ialah semua monyet memiliki ekor namun kera tidak. Yuk ekspresikan ekspresi kalian dibawah ini dan jangan lupa share dan koment ya..

(Ref: wowuniknya.net, britannica)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga