21 December 2018

author photo
apakah tomat termasuk buah atau sayur
Tomat termasuk Buah atau Sayuran | @medium
Wowuniknya.net - Pernahkah anda bertanya-tanya, apa sebenarnya tomat itu, buah atau sayuran. Tomat jika sudah matang berwarna oranye kemerahan dan berbiji. Tomat pada umumnya digunakan untuk bahan makanan terutama sayur mayur.

Tomat, plum, zucchinis, dan melon semuanya adalah buah yang dapat dimakan, tetapi hal-hal seperti maple dan puntung bunga dandelion mengambang juga merupakan buah.

Untuk beberapa alasan, orang-orang terpaku pada tomat, tetapi pertanyaannya “buah atau sayuran” semua akan sama untuk sayuran apa pun yang mempunyai biji.

Sekarang para botani mengistilahkan "buah" yang digunakan untuk menggambarkan buah manis dan berdaging, sedangkan "sayuran" digunakan untuk menunjukkan berbagai macam bagian tanaman yang tidak begitu tinggi kandungan fruktosanya.

Dalam banyak budaya, sayuran cenderung disajikan sebagai bagian dari hidangan utama atau hiasan makanan, sedangkan buah-buahan manis biasanya terdapat pada menu makanan ringan atau makanan penutup.


Jadi, akar, umbi, batang, kuncup bunga, daun, dan buah botani tertentu, termasuk kacang hijau, labu, dan tentu saja tomat, semuanya dianggap sayuran oleh ahli gizi.

Tidak ada aturan yang secara jelas menunjuk buah tomat sebagai sayuran, tetapi, mengingat bahwa tomat umumnya tidak digunakan dalam pencuci mulut dan terkait erat dengan sayuran buah lainnya (misalnya, terong dan cabai), itu tidak terlalu kontraintuitif untuk tomat yang digolongkan sebagai sayuran.

Nah sekarang kalian tahu bahwa tidak ada aturan yang cukup jelas mengenai tomat itu termasuk buah atau sayuran, namun para ahli gizi berpendapat bahwa tomat termasuk kedalam jenis sayur-sayuran.

(Ref: wowuniknya.net, britannica)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga