27 January 2019

author photo
Negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia @National Geographic
Wowuniknya.net - Sampah menjadi suatu hal yang sangat krusial pada saat ini, setiap manusia di muka bumi pastinya akan menghasilkan sejumlah masalah yang dihasilkan dari pembuangan sampah. Ada berbagai jenis sampah yang di hasilkan manusia diantaranya ialah sampah plastik yang terbilang sampah paling mengerikan yang pernah ada di muka bumi.

Sampah plastik menjadi sampah paling susah terurai di dunia, penggunaan produk berbahan plastik tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan masalah serius bagi lingkungan hidup, sampah plastik tidak hanya menjadi persoalan di daerah perkotaan namun juga di lautan.

Tercatat negara kita Indonesia sendiri menghasilkan setidaknya 3 juta ton sampah plastik yang masuk ke lautan dan menjadikan Indonesia sebagai negara penyumbang kedua terbesar sampah plastik di dunia. Tidak hanya daratan dan lautan yang sudah tercemar sampah plastik melainkan daerah sungai dan pesisir pantai pun sudah tercemar sampah plastik yang sulit terurai. Lalu negara manakah penyumbang sampah plastik ke laut tersebar di dunia, mari kita simak artikel berikut ini.


5. Sri Lanka - 1,6 Juta Ton
negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia
Sri Lanka - 1,6 Juta Ton
Sebenarnya jika dilihat dari jumlah sampah plastik per tahun, Sri Lanka termasuk di urutan terbawah dengan cuma 1,8 juta ton. Tapi 84% di antaranya tidak diolah dan akhirnya mencemari laut. Tercatat setiap penduduk pesisir Sri Lanka bertanggungjawab atas 109 kilogram sampah plastik setiap tahunnya.

4. Filipina - 1,8 Juta Ton
negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia
Filipina - 1,8 Juta Ton
Sedikitnya 2,2 juta ton sampah plastik diproduksi Filipina setiap tahun, 83 persen di antaranya tidak diolah alias mendarat di laut. Secara keseluruhan setiap penduduk pesisir Filipina membuang 22,6 kilogram sampah plastik ke laut setiap tahunnya.

3. Vietnam - 1,8 Juta Ton
negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia
Vietnam - 1,8 Juta Ton
Dari dua juta ton sampah plastik yang diproduksi Vietnam, 1,8 juta ton alias 88 persen mencemari air laut. Artinya setiap penduduk pesisir Vietnam membuang 32,9 kilogram sampah plastik ke laut per tahun - termasuk yang paling tinggi di dunia.

2. Indonesia - 3,2 Juta Ton
negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia
Indonesia - 3,2 Juta Ton
Dihitung dari prosentase jumlah sampah plastik yang tidak diolah, Indonesia termasuk yang paling tinggi di dunia. Sebanyak 87 persen dari 3,8 juta ton sampah plastik yang dibuang setiap tahun mendarat di laut. Artinya setiap penduduk pesisir Indonesia bertanggungjawab atas 17,2 kilogram sampah plastik yang mengapung dan meracuni satwa laut.

1. Cina - 8,8 Juta Ton
negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar di dunia
Cina - 8,8 Juta Ton
Hasil studi University of Georgia menempatkan Cina sebagai negara konsumen plastik terbesar di dunia. Dari rata.rata 11, 5 juta ton sampah plastik per tahun, sebanyak 78% diantaranya mendarat di lautan lepas. Jika dihitung setiap penduduk di wilayah pesisir Cina membuang 33,6 kilogram plastik ke laut per tahunnya.

(Ref: wowuniknta.net, dw, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga