31 January 2019

author photo
Orangtua Ini Tips Bagus Agar Anak Senang Membaca
Orangtua Ini Tips Bagus Agar Anak Anda Senang Membaca
Wowuniknya.net - Membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan membaca kita dapat melihat informasi di dunia ini yang mungkin belum sama sekali kita ketahui. Biasanya kebiasan membaca tidak begitu saja dimiliki oleh anak-anak, maka peran orang tua sangatlah penting.

Membiasakan dini untuk rajin membaca memanglah sangat sulit, namun para orang tua janganlah khawatir karna ada beberapa tips untuk membagun niat membaca pada anak anda.

Berikut ini tips agar anak suka membaca yang dilansir DW

Dimulai dari Anda

Jika ingin anak Anda gemar membaca, Anda juga harus gemar membaca. Jika tak punya kebiasaan membaca, ini adalah saat yang tepat untuk memulai kebiasaan itu. Rencanakanlah waktu dan tempat bagi Anda untuk membaca buku. Setelah menentukan buku kesukaan Anda, baru pilihkanlah buku untuk anak Anda.

Mulai dari bayi

Sangat baik bagi bayi yang baru lahir untuk mendengarkan cerita. Tenanglah, karena mereka tidak dapat mengeluh akan pilihan buku Anda. Bacalah buku apapun dengan keras setiap hari. Konten tidak penting, yang terpenting adalah suara, irama teks, dan kata-kata itu sendiri.

Mengenalkan buku lewat kata

Menurut riset, berbicara langsung kepada bayi memiliki dampak langsung untuk perkembangan bahasa dan literasi. Tapi kuncinya: bukan lewat TV dan buku audio tetapi 'dihidupkan' saat seseorang berbicara. Nikmati momen membacakan cerita untuk anak Anda dan percayalah bahwa Anda adalah bagian dari perpustakaan anak-anak Anda.


Gunakan panca indra Anda

Lewat sentuhan pada tekstur buku, melihat visual pada ilustrasi, dan juga lewat suara Anda, Anda turut mengaktifkan panca indra anak Anda sejak dini. Buat kontak mata – tapi tak perlu mencari reaksinya, karena walaupun nampak tidak mendengarkan mereka mendapat 'pengalaman'. Kebiasaan yang dibangun ini akan bertahan seumur hidup.

Saat membaca untuk balita

Balita mengambil semua informasi: arti kata dan struktur bahasa, angka, warna, bentuk, hewan, lawan kata, tingkah laku, dan semua hal mengenai informasi bagaimana dunia bekerja. Ketika Anda membaca dengan keras, balita akan menghubungkan buku dengan suara Anda yang familiar dan penuh cinta. Saat membaca bersama – kedekatan fisik pun terjadi.

Membaca di siang hari

Mungkin populer membaca di malam hari bagi orangtua dan anak tapi bacalah juga sepanjang hari. Menawarkan anak membaca buku adalah cara terbaik yang bisa membuat mereka tenang dan fokus. Duduk dan nikmati koneksi Anda duduk bersama terutama ketika di luar masih terang.

Siap berimprovisasi

Tarik salah satu buku anak yang Anda sukai atau ambil buku yang mencuri pandang Anda saat di toko buku, perpustakaan, atau di rumah teman. Penulis dan ilustrator yang baik akan membangkitkan antusiasme anak-anak, namun juga pembaca dewasa. Jika dalam buku anak kita temukan hal rasis dan kurang baik, ubahlah dengan improvisasi Anda.

Biarkan anak menginterupsi

Jangan buru-buru menyelesaikan cerita saat anak Anda menginterupsi, cobalah dengar pertanyaan mereka. Jika anak tidak termotivasi mendengarkan, tanya mereka – apa yang mereka lihat di gambar, jadi mereka terdorong untuk berkisah lewat aksi dan cerita yang mereka kembangkan mereka.

Buka wawasan anak Anda

Pilihlah buku yang beragam topiknya bisa tema geologi, sejarah, hingga kehidupan dari budaya yang berbeda. Meski Anda tidak menyukai buku-buku ini, namun itu bisa membantu anak Anda merefleksikan diri dengan perbedaan di luar dirinya. Anak pun tidak akan kesulitan melihat perbedaan di dunia nyata dan dapat menerima hal tersebut. 

Itulah tips untuk membuat anak anda gemar membaca, sekarang yuk mulai terapkan dari dini agar kelas anak anda mempunyai wawasan yang luas.

(Ref: wowuniknya.net, dw)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga