05 March 2019

author photo
Berikut daftar 10 bendungan terbesar di dunia yang harus dikunjungi sekali seumur hidup.
Daftar 10 bendungan terbesar di dunia yang harus dikunjungi sekali seumur hidup. (Glen Canyon Dam)
Wowuniknya.net - Sudahkah Anda mengunjungi bendungan terbesar di dunia? Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Tujuan dibuatnya termasuk menyediakan air untuk irigasi atau penyediaan air di perkotaan, meningkatkan navigasi, menghasilkan tenaga hidroelektrik, menciptakan tempat rekreasi atau habitat untuk ikan dan hewan lainnya, pencegahan banjir dan menahan pembuangan dari tempat industri seperti pertambangan atau pabrik. Hanya beberapa dam yang dibangun untuk semua tujuan di atas. Dan bendungan tertua yang masih ada ialah bendungan Kallanai yang dibangun di seberang Sungai Nil, Mesir pada 4000 SM.

Berikut daftar 10 bendungan terbesar di dunia yang harus dikunjungi sekali seumur hidup.

1. Bendungan Tarbela
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Tarbela
Ini adalah bendungan terbesar di dunia berdasarkan volume strukturalnya. Pada tahun 1976, konstruksi bangunan ini telah selesai dan menampung air dari sungai Indus (Pakistan). Reservoir yang dibuat oleh bendungan ini memiliki luas permukaan sangat besar sekitar 250 km persegi! Bukan hanya menjadikan Tarbela ini bendungan terbesar di dunia yang dipenuhi  air di bumi, bendungan ini juga merupakan bendungan terbesar ke-5 di dunia dalam hal volume.

2. Bendungan Fort Peck
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Fort Peck
Volume struktural untuk bendungan ini adalah 96 km persegi. Terletak di Montana, bendungan terbesar ke-2 di dunia dan hampir luar biasa besar di dunia. Bendungan ini dibangun dekat oleh enam bendungan yang berbeda di sungai Missouri dan ini adalah yang terbesar dari semuanya. Reservoir membentuk danau terbesar ke-5 di AS, danau Fort Peck, yang merupakan buatan manusia dan bendungan ini adalah yang terpanjang di seluruh dunia. Setelah rekonstruksi dan kegagalan berulang selama tujuh tahun, bendungan ini selesai pada tahun 1940.

3. Bendungan Atatürk
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Atatürk
Selain sebagai bendungan terbesar di dunia, ia juga merupakan bendungan tertinggi, terpanjang dengan tinggi 166 meter. Bendungan Ataturk dibangun pada tahun 1990 di sepanjang sungai Eufrat di Turki, yang menjadi tujuan utama turis karena waduk besar yang dimilikinya. Waktu terbaik mengunjungi bendungan ini adalah September hingga Oktober karena Festival Olahraga Air yang terkenal dan Kompetisi International Ataturk Dam Sailing.

4. Bendungan Houtribdijk
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Houtribdijk
Dibangun pada tahun 1968 bersama dengan Ijsselmeer dan Danau Constance. Houtribdijk sering disebut sebagai "tanggul" karena jalan raya yang panjang disepanjang bendungan. Bahkan, itu juga disebut oleh orang-orang lokal sebagai "bendungan Enkhuizen-Lelystad". Ini termasuk jalan paling indah, pemandangan yang sangat indah untuk 27 kilometer tanpa gangguan. Salah satu spot favorit di antara bendungan terbesar di dunia yang harus Anda kunjungi.

5. Bendungan Oahe
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Oahe
Selain sebagai salah satu bendungan terbesar di dunia, Oahe adalah bendungan terbesar ke-2 di sepanjang sungai Missouri. Pada 1968 bendungan ini dibangun dan membentuk reservoir buatan yang merupakan terbesar ke-4 di AS: Ini adalah Danau Oahe. Karena kelimpahannya dalam keanekaragaman hayati, menjadikan danau ini sumber utama daya tarik wisata. Rumah bagi sturgeon pucat yang merupakan spesies langka dan spesies ikan lain yang berbeda.

6. Bendungan Gardiner
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Gardiner
Terbesar di seluruh dunia. Pembangunannya bendungan ini selesai pada tahun 1967 dan membentuk Danau Diefenbaker. Namanya berasal dari James G. Gardiner, seorang menteri kabinet federal Kanada.

Bendungan di Kanada ini adalah tujuan wisata terkenal yang buka setiap hari pada jam 9 pagi sampai jam 5 sore dan memiliki Pusat Penerimaan Tamu yang mewah. Bepergian melintasi bendungan ini, Anda dapat melihat berbagai toko makanan, toko oleh-oleh, dan film yang menampilkan sejarah bendungan dan bagaimana bendungan ini dibangun. Bendungan Gardiner adalah salah satu bendungan terbesar dan tertua di dunia. Mereka juga menawarkan hiking, berkemah, dan memiliki fasilitas piknik di taman terdekat di bendungan terbesar ini.

7. Bendungan Jinping
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Jinping
Jinping 1st Cascade, adalah bendungan lengkung tertinggi yang berada di Sungai Yalong (Yalong Jiang) di Liangshan, Sichuan, Cina. Konstruksi proyek dimulai pada tahun 2005 dan selesai pada tahun 2014. Pembangkit listriknya memiliki kapasitas 3.600 MW untuk menghasilkan antara 16 dan 18 TW j (miliar kWh) setiap tahun. Tujuan proyek ini adalah memasok energi untuk memperluas industrialisasi dan urbanisasi, meningkatkan perlindungan terhadap banjir, dan mencegah erosi.

8. Bendungan Mangla
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Mangla
Bendungan Mangla yang indah ini terletak di tempat yang disengketakan di lembah Kashmir, juga biasa disebut "Azad Kashmir". Diselesaikan di sungai Jhelum pada tahun 1967. Karena lokasi yang kontroversial, bendungan ini tidak dapat diakses oleh pengunjung sampai beberapa tahun yang lalu. Mereka menawarkan berperahu dan fasilitas lainnya, dan juga memiliki Klub Olahraga Air di Mangla. Orang-orang juga dapat merencanakan perjalanan sehari di bendungan Mangla di mana perjalanannya benar-benar menakjubkan dan di sepanjang jalan, Anda bisa melewati Rohtas Fort di jalan GT.

9. Bendungan Oroville
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Dendungan Oroville
Dibangun di California melintasi sungai Feather pada tahun 1968. Bendungan tertinggi di AS dan membentuk Danau Oroville. Buka setiap hari dan menawarkan banyak hal berkaitan dengan pengetahuan dan keindahan pemandangannya. The Bald Rock dan Father falls dapat dicapai  hanya disekitar Danau Oroville. Tempat yang ideal untuk piknik.

10. Bendungan Hirakud
10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup
Bendungan Hirakud
Pada tahun 1957, bendungan Hirakud dibangun, dan panjangnya mencpai 27 km dan dikenal sebagai bendungan terpanjang di dunia. Ini adalah signifikansi historis utama karena merupakan proyek sungai multiguna pertama yang diasumsikan oleh India pasca-kemerdekaan. Bendungan Hirakud adalah Bendungan India yang paling tua.

Dibangun di seberang sungai Odisha dan Mahanadi, perjalanan di sini tidak lengkap jika Anda tidak akan melewati bendungan terpanjang di seluruh dunia. Bendungan ini dikomersialkan dengan berbagai toko yang menjual biskuit dan keripik di dalam kompleks.

Itulah 10 Bendungan Terbesar di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup, mana yang ingin kalian kunjungin, jangan lupa tulis di kolom komentar dan share jika bermanfaat !

(Ref: wowuniknya.net, 10mosttoday, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga