30 March 2019

author photo
cemburu sosial
cara mengatasi rasa cemburu dengan cara yang sehat
Wowuniknya.net - Rasa cemburu, bukan hanya terjadi ketika pasangan kita dekat seseorang. Melainkan ketika kita tidak suka melihat seseorang bahagia, seperti ketika teman mendapat kenaikan gaji, pergi traveling ataupun yang membuat kita merasa iri dan tidak senang.

Walaupun rasa iri biasanya akan hilang, namun bagaimana jika erasaan terjadi terjadi semakin intens yang mengakibatkan hubungan menjadi buruk.

Dilansir fimela, Untuk mengendalikan emosi, ahli terapi pernikahan dan keluarga Risa Ganel, MS mengatakan sebaiknya mulailah dengan menarik nafas panjang. Sekarang luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana perasaanmu yang sebernarnya dan bagaimana ingin merespons rasa cemburu tersebut.

Dan berikut adalah cara mengatasi rasa cemburu dengan cara yang sehat.

1. Cari tahu dari mana asal rasa iri

Apakah perasaan cemburumu berasal dari seseuatu yang telah dilakukan orang tersebut di masa lalu, ataukah berasal dari rasa tidak aman pada diri sendiri? Mencari tahu jawabannya dapat memberi tahumu apakah masalah perlu diatasi dengan orang tersebut atau jika itu sesuatu yang perlu diatasi secara internal.

2. Tuliskan

Menuliskan masalahmu kadang-kadang dapat memperlambat emosi dan membantu berpikir jernih, sebelum mengambil tindakan terhadap perasaan.

3. Bicarakan

Setelah tenang dan meluangkan waktu untuk mengklarifikasi perasaanmu sebenarnya, bicarakan lah dengan seseorang. Bersikaplah terbuka dan jujur tentang apa yang terjadi di dalam hati dan kepalamu. Mintalah bantuan untuk mengatasi rasa cemburu.

(Ref: wowuniknya.net, fimela, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga