08 March 2019

author photo
Hidung pria ini tersumbat karena gigi tumbuh
Hidung pria ini tersumbat karena gigi tumbuh
Wowuniknya.com - Seorang pria di Denmark akhirnya lega setelah mengalami penderitaaan selama dua tahun terakhir karena hidungnya tersumbat, ketika dokter menemukan sebuah gigi tumbuh di dalam lubang hidungnya.

Menurut Sky News, Selasa 5 Maret 2019, dokter terkejut menemukan kondisi langka pada pria 59 tahun yang mengeluhkan masalah hidung tersumbat dan kehilangan indra penciumannya selama dua tahun.

Pria itu pernah menderita benturan di bagian wajah ketika ia masih muda, yang membuatnya patah pada rahang dan hidungnya. Tetapi dokter mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan adanya reposisi setelah insiden itu terkait dengan kondisi pertumbuhan gigi di hidung.

Dr Milos Fuglsang menulis dalam Laporan Kasus BMJ: "Pasien kami kemungkinan besar memiliki gigi yang ditahan intranasal hampir sepanjang hidupnya, tetapi memiliki gejala yang terlambat."

Pencabutan gigi dilakukan di Rumah Sakit Universitas Aarhus di fasilitas telinga, hidung dan tenggorokan.

Setelah CT scan, para dokter menggunakan endoskop untuk melakukan operasi.

Penyebab pasti dari kondisi langka ini tidak diketahui, karena hanya 23 pasien yang pernah diidentifikasi dengan gejala serupa, dengan insiden yang mencakup tahun 1959-2008.

Dokter spesialis mengatakan itu bisa terjadi setelah trauma, infeksi dari kista, gangguan perkembangan seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing, tetapi kasus ini tidak memiliki penjelasan yang jelas.

Meskipun masalah ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, kasus yang dilaporkan sejauh ini menunjukkan bahwa itu lebih umum terjadi pada pria.

Sebulan kemudian, pencabutan gigi di hidung itu tampaknya telah membantu pria itu. Tidak ada keluhan sakit lagi yang dilaporkan.

(Ref: wowuniknya.net, skynews, sooperboy, berbagai sumber)

Jumlah 0 komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Selalu Mengikuti Peraturan. Kunjungi http://bit.ly/KomentarWU untuk mengetahui Kebijakan Komentar WowUniknya.net

Artikel Berikutya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Baca Juga